Salin Artikel

Bali dan NTB Jalin Kerja Sama di 6 Sektor, Gubernur Koster: Kami Bangun Daerah Secara Bersama-sama

"Masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri khas yang bisa ditonjolkan, begitu pula Bali dan NTB yang memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri yang bisa menjadi peluang untuk diberdayakan secara bersama-sama," kata Koster di sela-sela acara penandatanganan kesepakatan tersebut di Denpasar, Rabu.

Terdapat enam sektor kerja sama yang disepakati kedua daerah. Kerja sama itu meliputi pariwisata, perindustrian dan perdagangan, koperasi usaha kecil menengah (UKM), perhubungan, kelautan dan perikanan, serta pertanian dan ketahanan pangan.

"Jadi, kami mengedepankan bagaimana membangun daerah secara bersama-sama dan saling mengisi dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bali dan NTB," ucap Koster.

Menurut Koster, banyak peluang kerja sama yang bisa dibuat antara Bali dan NTB jika melihat sisi historis dan geografis.

"Saya kira ini rencana bagus, sekarang kami rintis dan berharap bisa menjadi nyata dan konkret agar bisa menjadi percontohan bagi provinsi lain. Jangan sampai sekarang kita teken-teken (tanda tangan, red), setelah itu tidak ada tindak lanjut lagi," ujarnya.

Melalui momen ini, lanjut Koster, harus benar-benar ada tindak lanjut nyata yang bermanfaat bagi masyarakat di kedua provinsi.

Koster pun meminta kepala organisasi perangkat daerah terkait agar segera menindaklanjuti penandatanganan kesepakatan tersebut dengan membahas program kerja sama.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengapresiasi kerja sama yang bisa diciptakan bersama Bali.

"Terima kasih atas waktu dan kesempatannya, mudah-mudahan bisa terwujud sesuai harapan kita bersama. Tidak perlu lagi diperintahkan, kita sepakat kalau sampai tiga bulan ke depan tidak ada yang progres yang konkret, kami akan evaluasi lagi jajaran kami," katanya.

Atas kesepakatan tersebut, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terjaut di Bali dan NTB ikut serta dalam penandatanganan kesepakatan.

https://denpasar.kompas.com/read/2021/03/31/232139478/bali-dan-ntb-jalin-kerja-sama-di-6-sektor-gubernur-koster-kami-bangun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke