Salin Artikel

Cerita Heni dan Seekor Anjing yang Selalu Datang ke Warungnya: Dia Suka Tempe Goreng...

Bukannya senang, Heni justru merasa malu karena video itu viral. Musababnya, perempuan berhijab itu merasa yang dilakukannya biasa saja, tidak spesial.

"Malu, ini kan hal biasa dan perasaanku biasa enggak ada lebih. Harus baik sama semua makhluk, kucing juga sama yang liar ke sini saya kasih," kata Heni saat ditemui di warungnya, Rabu (7/4/2021).

Heni telah berjualan di tempat itu selama tujuh tahun. Ibu dua anak itu mengaku telah memberikan makanan kepada anjing tersebut selama setahun terakhir.

Menurut penuturannya, anjing tersebut merupakan anjing peliharaan yang lebih sering di jalanan. Anjing itu biasa lalu lalang di sekitar warungnya.

Tempe goreng

Hubungan Heni dan anjing itu dimulai secara tidak sengaja sekitar setahun lalu. Anjing itu tiba-tiba mampir ke warung milik perempuan asal Banyuwangi itu.

Melihat seekor anjing datang dan seperti meminta makan, suami Heni memberikan nasi dan kue. Namun, anjing itu tidak mau dan pergi.

"Habis itu ke sini (lagi), terus dikasih tempe (goreng), mau. Terus ke sini setiap hari," tutur Heni.

Biasanya, kata Heni, anjing itu sudah menunggu saat dirinya sibuk membuka warung. Setelah diberi tempe goreng, anjing itu pergi.

Dalam sehari, anjing itu bisa mampir sekitar 10 kali untuk mendapatkan tempe goreng pemberian Heni.

"Setiap datang dikasih gorengan, dia sukanya tempe. Akhir-akhir ini kadang datang sama anaknya," kata dia.

Beberapa hari terakhir, anjing tersebut tak bisa menyantap tempe goreng buatan Heni. Anjing itu sakit dan baru saja diobati.

Sebagai ganti tempe goreng, Heni membelikan kepala ayam untuk anjing itu.

"Ini anjing sedang sakit kemarin habis berobat. Enggak boleh dikasi sering gorengan, takutnya sakit. ini saya beliin kepala ayam," kata Heni.

Dulu takut dengan anjing

Dulu, Heni tak pernah berpikir bisa begitu dekat dengan seekor anjing. Perempuan asal Banyuwangi itu takut dengan binatang itu.

Setelah memberi makan anjing tersebut, rasa takut itu pelan-pelan mulai sirna.

"Dulu takut, sekarang malah mulai sayang sama dia, cuma engga bisa nyentuh. Sekarang suka sama anjing," kata dia.

Alasan Heni memberi makan anjing yang rutin menyambangi warungnya itu pun sederhana. Ia kasihan melihat anjing itu berkeliaran di sekitar warungnya.

"Kalau bisa sayangi hewan atau semua kan ciptaan tuhan. Dulu takut, sekarang semenjak ada dia suka dan senang," kata dia.


Sebelumnya, sebuah video seorang ibu berhijab penjual gorengan sedang memberi makan seekor anjing viral di media sosial.

Video tersebut awalnya diunggah akun TikTok @Tio_russ yang kemudian viral di akun instagram @makassar_iinfo, Selasa (6/4/2021).

Video itu diambil di depan warung gorengan di Jalan Raya Semat, Tububeneng, Kuta Utara, Badung, Bali.

"Bukannya mengusir, ibu itu dengan ikhlas memberikan gorengan yang dijualnya kepada anjing itu. Setelah mendapat gorengan, anjing itu biasanya pergi," tulis makassar_info dalam unggahannya.

(KOMPAS.com/Imam Rosidin)

https://denpasar.kompas.com/read/2021/04/07/191206778/cerita-heni-dan-seekor-anjing-yang-selalu-datang-ke-warungnya-dia-suka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke