Salin Artikel

Panglima TNI: Kita Terus Melakukan Pencarian untuk Membawa Pulang Prajurit KRI Nanggala-402...

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjamin, pencarian terus dilakukan hingga kapal selam buatan Jerman itu ditemukan.

"TNI akan terus melakukan pencarian dan pertolongan untuk membawa pulang kembali, saudara saudara kita, prajurit KRI Nanggala 402 kepada keluarga mereka," kata Hadi dalam konferensi pers yang ditayangkan Kompas TV, Kamis (22/4/2021).

Hadi mengajak seluruh pihak berdoa agar para prajurit yang berada di dalam kapal selam itu ditemukan dalam kondisi selamat.

"Dan mari kita sama-sama berdoa, semoga keluarga kita sahabat kita prajurit KRI Nanggala 402 dalam kondisi selamat dan segera ditemukan," kata Hadi.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut, ada banyak negara sahabat yang menawarkan bantuan untuk mencari kapal selam itu.

Sejauh ini, Indonesia telah menerima konfirmasi bantuan dari Malaysia dan Singapura.

Selain itu, Prabowo juga menerima tawaran bantuan dari India dan Korea Selatan.

"Ini masalah kemanusiaan, kita harapkan hasilnya yang terbaik," kata Menteri Pertahanan.


Cadangan oksigen bertahan 72 jam

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk mencari kapal selam yang hilang kontak tersebut.

Menurutnya, kapal selam itu diperkirakan bertahan 72 jam atau tiga hari sejak menyelam. Sehingga, pasokan oksigen di dalam kapal selam itu bisa bertahan hingga Sabtu (24/4/2021) sekitar pukul 03.00 Wita.

"Jadi kalau kemarin hilang kontak jam tiga, nanti bisa hari Sabtu jam tiga," kata Yudo.

Yudo berharap kapal selam tersebut segera ditemukan.

"Mudah-mudahan ini bisa segera ditemukan, sehingga oksigen di kapal itu masih ada," kata Yudo.

Sebelumnya, kapal selam milik Indonesia yaitu KRI Nanggala-402 hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) pagi.

KRI Nanggala-402 merupakan salah satu kapal selam yang resmi menjadi bagian dari alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia pada 1981.

Berdasarkan Panglima TNI, KRI Nanggala-402 diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil atau sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali, Rabu.

https://denpasar.kompas.com/read/2021/04/22/183404578/panglima-tni-kita-terus-melakukan-pencarian-untuk-membawa-pulang-prajurit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke