Salin Artikel

Sosok Komandan KRI Nanggala-402 Letkol Laut Heri Oktavian, Pak RT yang Cekatan dan Penyabar

Semasa hidup, semua kru termasuk Heri meninggalkan kenangan manis dengan keluarga dan orang sekitar.

Ketua RW 04 Sukolilo Baru, Surabaya, Anggoro Wicaksono mengatakan, Heri merupakan Ketua RT 02 di lingkungan Sukolilo Baru.

Selama menjadi ketua RT, Heri dikenal sebagai sosok yang baik, cekatan, dan rajin.

"(Letkol Heri) masih muda dan menjabat sebagai RT. Orangnya cekatan karena masih muda. Orangnya rajin, suka olahraga pagi. Lari di sekitar sini, kadang juga sepeda ontel, kadang jalan," ujar Anggoro dikutip dari Tribunnews, Minggu (25/4/2021).

Penyabar

Cerita tentang sosok Heri datang dari keluarga.

Chandra Yunita, kakak Heri, ingat betul saat ia dan ibundanya, Murhaleni, memasuki kapal selam KRI Nanggala-402. Kala itu, mereka diajak langsung oleh Heri.

Waktu itu adalah hari yang membahagiakan bagi Heri. Pada 2020, Heri dilantik sebagai komandan kapal selam.

Hal yang paling diingat Chandra ketika memasuki KRI Nanggala-402 adalah saat meniti tangga menuju bagian dalam kapal selam.

Menurut Chandra, tangga tersebut curam.

"Ibu malah kuat naik turun tangga. Saya yang takut, gimana ini turunnya," kenangnya ketika ditemui di rumahnya di Kompleks Pemuka, Kecamatan Rajabasa, Lampung, Sabtu (24/4/2021).


Chandra menyampaikan, saat itu Heri dengan penuh kesabaran membimbing ibu dan dirinya turun tangga untuk memasuki lambung kapal.

"Heri orangnya memang enggak banyak bicara, orang penyabar," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, setelah hilang sejak Rabu (21/4/2021), KRI Nanggala-402 yang membawa 53 awak dinyatakan tenggelam. Semua awak dinyatakan gugur.

Tenggelamnya kapal selam buatan Jerman tersebut bukan karena ledakan, tetapi karena adanya retakan pada kapal.

Semua awak kapal yang gugur mendapat kenaikan pangkat. (Penulis Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya | Editor: Farid Assifa, Reza Kurnia Darmawan).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Sosok Letkol Laut Heri Oktavian, Komandan KRI Nanggala, Ayah 2 Anak hingga Ketua RT

https://denpasar.kompas.com/read/2021/04/26/051500978/sosok-komandan-kri-nanggala-402-letkol-laut-heri-oktavian-pak-rt-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke