Salin Artikel

"Badai" Covid-19 di Liga 1, Satgas: di Semua Klub Ada yang Positif

Hingga Selasa (1/2/2022), sudah ada lebih dari 40 kasus positif Covid-19 yang ditemukan di tim peserta Liga 1. Terkini, 24 penggawa Madura United dinyatakan positif Covid-19.

Mayoritas OTG

Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Bali I Made Rentin mengatakan, jumlah kasus positif Covid-19 di terjadi hampir merata di semua klub Liga 1.

Mayoritas dari mereka yang positif masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

"Terhadap kondisi beberapa klub, kalau kondisi sampai kemarin hampir semua merata, di semua klub itu ada yang positif (Covid-19)," kata Rentin saat ditemui Kompas.com di Kantor BPBD Provinsi Bali, Rabu (2/2/2022).

Sudah jalani isolasi

Rentin menjelaskan, seluruh pemain yang positif Covid-19 tersebut sudah menjalani isolasi mandiri sesuai rekomendasi dari Satgas Covid-19 Provinsi.

Penyelenggara Liga 1 dalam hal ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga sudah diminta menyiapkan sejumlah hotel untuk tempat isolasi.

"Pemain yang positif (Covid-19 berdasarkan antigen) harus kembali ke hotel tempat mereka menginap, atau diserahkan ke panitia liga, dan panitia liga membawa ke satu tempat untuk memudahkan pengawasan, dan nanti akan ada treatment lanjutan," kata dia.

"Karena kalau baru positif antigen itu belum masuk di data nasional. tapi nanti akan dilakukan swab PCR, baru setelah dari PCR itu positif, itu baru clear dinyatakan poisitif Covid-19," lanjut Rentin.

Tak hanya pemain dan official klub

Rentin mengatakan, badai Covid-19 di Liga 1 tak hanya terjadi pada pemain dan official klub.

Petugas yang ikut berjaga seperti aparat kepolisian juga diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

Satgas Covid-19 Bali kemudian melakukan tracing terhadap sejumlah pihak yang bersentuhan langsung dengan gelaran Liga 1.

Mereka yang diketahui pernah kontak erat langsung menjalani tes antigen untuk mencegah penyebaran kian meluas.

Kendati tak merinci jumlah pasti brapa orang positif Covid-19, Rentin mengimbau klub-klub Liga 1 untuk meningkatkan protokol kesehatan.

Apalagi, kasus Covid-19 di Bali saat ini tengah meningkat.

"Sejauh ini sebenarnya Liga 1 sudah sangat ketat untuk melakukan prptokol kesehatan. dan mereka bubble juga. Jadi selama berada di Bali mereka berinteraksi hanya di dua tempat, hotel tempat mereka nginep dan Stadion," kata dia.

Ia pun meminta pemain Liga satu mematuhi sistem bubble yang dimaksud. Dengan begitu, penularan Covid-19 bisa terus ditekan.

"Karena di perizinan dan rekomendasi yang dikelurkan oleh satgas, tegas mengatakan, bubble sistem yang kita izinkan untuk mereka terapkan adalah dengan pola seperti itu, mereka tidak boleh berinteraksi dengan area publik, tidak boleh berinteraksi dengan masyarakat, mereak hanya melakukan di dua tempat dengan buble sistem," pungkasnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/02/02/143550078/badai-covid-19-di-liga-1-satgas-di-semua-klub-ada-yang-positif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke