Salin Artikel

Koster Usul Wisman ke Bali Tak Perlu Karantina supaya Tak Ada Mafia

BALI, KOMPAS.com - Gubernur Bali Wayan Koster mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk menghapus masa karantina bagi wisatawan mancanegara (wisman) dan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) lainnya yang tiba di Bali.

Usulan bebas karantina itu diharapkan berlaku mulai 7 Maret 2022 mendatang.

"Mengusulkan kepada pemerintah pusat agar kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali dan juga pelaku perjalanan luar negeri agar dilakukan kebijakan tanpa karantina mulai tanggal 7 Maret 2022," kata Koster di area kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat (4/3/2022).

Koster menjelaskan, usulan peniadaan masa karantina bagi PPLN hingga wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Bali tidak lepas dari penanganan kasus Covid-19 di Pulau Dewata. Menurut Koster, penanganan Covid-19 di Bali terus membaik.

Koster mengatakan, angka kasus harian Covid-19 terus menurun sejak memasuki Bulan Maret 2022. Padahal, pada Februari 2022 kasus harian Covid-19 berada di atas 1.000 kasus.

"Per hari kemarin (Kamis, 3/3/2022), 170-an orang (positif Covid-19), yang sembuh semakin meningkat, kasus meninggal semakin menurun, angka positivity rate sudah sangat rendah yakni 3,5 persen jauh di bawah standar WHO minimum 5 persen," kata Koster.

Wajib vaksin dosis lengkap

Ia menyebut, beberapa persyaratan yang diperlukan jika karantina nantinya dihapus. Yakni PPLN wajib mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap atau dua dosis.

"Di Bali, di kedatangan tetap swab PCR sebagai entry test tanpa karantina," kata dia.

Selain mengusulkan peniadaan masa karantina, Koster juga mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk menerapkan kebijakan visa on arrival mulai pada tanggal 7 Maret 2022.

Dua kebijakan itu diusulkan untuk mencegah adanya mafia karantina dan mafia visa yang memungkinkan memperburuk citra pariwisata Bali di mata dunia.

"Supaya tidak ada mafia karantina dan tidak ada lagi mafia visa. Karana upaya untuk pemulihan pariwisata Bali jangan sampai ternoda dari permainan tidak sehat yang merusak citra pariwisata di Bali," tuturnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/03/04/183031578/koster-usul-wisman-ke-bali-tak-perlu-karantina-supaya-tak-ada-mafia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke