Salin Artikel

Spontan, Seorang Anggota TNI di Bali Robek Seragam untuk Menolong Korban Kecelakaan

KLUNGKUNG, KOMPAS.com - Sertu Suparto, seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Bali rela merobek seragamnya untuk menutupi luka korban kecelakaan lalu lintas.

Aksi heroik yang dilakukan Suparto itu terjadi di depan Koramil 61/10-Klungkung, tepatnya di wilayah Desa Besang, Kelurahan Semarapura, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Tindakan Suparto tersebut pun viral di media sosial.

"Iya (benar), dia (Suparto) Babinsa kelurahan Semarapura Klod Kangin," kata Danramil 1610-01/Klungkung, Kapten Caj Putu Suteja dalam keterangannya, Senin (21/3/2022).

Suteja menjelaskan, peristiwa kecelakaan yang melibatkan dua unit motor itu terjadi pada Jumat (18/3/2022) lalu sekitar pukul 07.20 Wita. Dua pengendara itu, masing-masing Ketut Rusmini (53) dan I Nengah Sukarsa (49), berstatus sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Saat itu, motor Honda Vario dengan polisi DK 3867 M yang dikendarai I Nengah Sukarsa bergerak dari arah selatan menuju ke utara di Jalan Raya Gajah Mada, Kelurahan Semarapura Kangin.

Sedangkan dari arah yang sama, bergerak sepeda motor Honda Vario DK 6978 MV yang dikendarai Ni Ketut Rusmini.

Selanjutnya, tanpa memperhatikan situasi lalu lintas di depannya I Nengah Sukarsa berbelok ke kanan atau ke arah timur dengan menyalakan lampu sein.


Selang beberapa saat, motor itu tiba-tiba ditabrak dari belakang oleh motor Honda Vario yang dikendarai Ni Ketut Rusmini. Keduanya lalu terjatuh dan mengalami luka.

"Korban Ketut Rusmini mengalami sakit pada kaki pergelangan kiri, luka terbuka dan bengkak, telapak tangan kanan lecet, punggung kaki kanan lecet," kata Suteja.

Melihat ada kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayahnya, Sertu Suparto bersama anggota TNI lainnya kemudian bergegas memberikan pertolongan kepada Ni Ketut Rusmini. Spontan, Sertu Suparto merobek seragamnya untuk menambal luka Ni Ketut Rusmini.

Setalah memberikan pertolongan pertama, korban kemudian dilarikan dan dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Klungkung.

"Peristiwa Laka Lantas tersebut sudah dilaporkan ke Polres Klungkung," ujar Suteja.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/03/21/094246678/spontan-seorang-anggota-tni-di-bali-robek-seragam-untuk-menolong-korban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke