Salin Artikel

Soal Rencana Putin Hadiri KTT G20 di Bali, Ini Tanggapan Menko Luhut

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, masih terlalu dini bagi Indonesia, selaku Ketua Presidensi G20, membahas kehadiran para anggota G20, termasuk Rusia.

"Kita lihat saja, terlalu dini kita untuk berkomentar," kata Luhut usai menghadiri acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2022 di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (24/3/2022).

Luhut enggan bicara banyak terkait rencana Presiden Rusia tersebut. Ia hanya menyebut, G20 merupakan forum ekonomi yang bakal dihadiri negara-negara dengan perekonomian top dunia.

"Kita lihat, kita tunggu, G20 itu kan forum ekonomi, bukan politik," katanya.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin berencana menghadiri KTT G20 akhir tahun ini di Indonesia. Ini disampaikan utusan Moskwa pada Rabu (23/3/2022), dilansir AFP.

Rencana Putin untuk ikut terlibat dalam forum ekonomi ini mendapat mendapat penolakan dari berbagai negara.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada Kamis (24/3/2022) mengatakan, keputusan Indonesia mengizikan kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin di G20 adalah langkah yang terlalu jauh.

"Rusia menginvasi Ukraina. Ini adalah tindakan kekerasan dan agresif yang menghancurkan aturan hukum internasional," kata Morrison pada konferensi pers di Melbourne.

"Dan ide untuk duduk satu meja dengan Vladimir Putin, bagi saya, adalah langkah yang terlalu jauh." katanya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/03/24/183154278/soal-rencana-putin-hadiri-ktt-g20-di-bali-ini-tanggapan-menko-luhut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke