Salin Artikel

Kasus Covid-19 Melandai, Bali Bersiap Transisi Pandemi Menuju Endemi

Ia menjelaskan, ada beberapa pertimbangan Bali sudah bisa memasuki transisi dari pandemi menjadi endemi.

Di antaranya, kasus Covid-19 yang mulai melandai dan tingkat capaian vaksinasi di Bali sudah tinggi.

"Bali sangat, sangat siap kalau sudah diputuskan menjadi endemi. Kemarin cuma 32 orang yang terkonfirmasi positif, tidak ada lagi (kasus) meninggal. Jadi sudah rendah sekali dan capaian vaksiniasi tinggi, begitu juga booster," kata Anom saat ditemui di kantor Dinkes Bali di Jalan Melati, Denpasar, Bali, pada Selasa (5/4/2022).

Selain kedua faktor tersebut, Anom mengatakan, beberapa bulan belakangan tingkat keterisian tempat tidur (BOR) di sejumlah rumah sakit juga menurun.

Dari catatannya, pada Senin (4/4/2022), BOR di Bali telah mencapai 1,3 persen.

"Jadi cukup rendah," kata dia.

Anom mengatakan, saat ini masyarakat maupun wisatawan terlihat percaya bahwa situasi Covid-19 di Bali sudah terkendali.

Hal ini bisa terlihat dari tingginya pergerakan masyarakat dan wisatawan di Bali selama adanya pelonggaran syarat perjalanan dan pembatasan kegiatan masyarakat.

"Saya lihat kemarin pertemuan di Kuta juga sudah ada, artinya kepercayaan (Covid-19 terkendali) ada di Bali," katanya.

Namun terkait transisi ini, Anom mengatakan, tetap tergantung pada keputusan pemerintah. Tentunya sesuai standar yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

Ia juga menyarankan, protokol kesehatan tetap diterapkan meski nantinya sudah berstatus endemi. Salah satunya memakai masker untuk mencegah penularan virus secara masif.

"Dan protokol kesehatan (bermasker) kita harapkan tetap dilaksanakan walaupun nanti endemi. Sampai nanti betul-betul kita stabil dan herd immunity dengan vaksin, kita menganggap Covid-19 seperti flu biasa," katanya.

Senada dengan Anom, Gubernur Bali Wayan Koster sebelumnya juga menyebut Bali sudah berada di posisi endemi.

Koster mengatakan, kasus Covid-19 di Bali dalam kondisi terkendali di tengah relaksasi kebijakan mulai dari pembukaan penerbangan internasional, kebijakan tanpa karantina serta visa on arrival (VoA).

Berdasarkan data Pemprov Bali, sejak awal tahun hingga saat ini, setiap hari jumlah orang terkonfirmasi positif corona di bawah 50 orang.

Tingkat vaksinasi dosis pertama 104,64 persen atau 3,9 juta penduduk, vaksinasi dosis kedua mencapai 95,15 persen atau 3,5 juta penduduk dan vaksinasi dosis ketiga mencapai 52,94 persen atau 1,5 juta penduduk.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/04/05/133012478/kasus-covid-19-melandai-bali-bersiap-transisi-pandemi-menuju-endemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke