Salin Artikel

KTT G20 Bali, 3 Desa Wisata di Buleleng Diusulkan Jadi Lokasi Kunjungan Delegasi

Bali diketahui menjadi tuan rumah KTT G20 yang rencananya akan digelar pada November 2022.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Buleleng, Gede Dodi Sukma, mengungkapkan, Provinsi Bali mengusulkan 11 desa wisata sebagai lokasi kunjungan delegasi KTT G20.

"Dari 11 desa wisata se-Bali yang diusulkan ke komite itu, tiga di antaranya merupakan desa wisata di Buleleng," kata Dodi, Jumat (22/4/2022).

Ketiga desa wisata tersebut yakni Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, dan Desa Sudaji, Kecamatan Sawan.

Masing-masing desa wisata tersebut, menurut Dodi, memiliki potensi dan keunggulan pariwisata tersendiri.

Seperti di Desa Munduk yang kaya akan wisata alam. Desa yang berlokasi di dataran tinggi ini juga memiliki sejumlah atraksi seni tradisional.

"Kawasan ini sudah terkenal sebagai tempat peristirahatan tamu-tamu dari Eropa sejak zaman kolonial," jelasnya.

Sembari menunggu disurvei penyelenggara KTT G20, pihaknya tengah melakukan persiapan bersama kelompok desa sadar wisata (Pokdarwis).

Persiapan berupa sarana dan prasarana protokol kesehatan, keamanan dan kebersihan agar nantinya memenuhi persyaratan lokasi kunjungan delegasi.

"Kami belum menerima konfirmasi lebih lanjut terkait kepastian tiga desa wisata sebagai lokasi kunjungan. Namun kami tetap melakukan persiapan," ucapnya.

"Komite yang nantinya akan melakukan penilaian kelayakan. Apakah ketiganya diplot untuk bisa dikunjungi atau tidak," imbuhnya. 

https://denpasar.kompas.com/read/2022/04/22/194412678/ktt-g20-bali-3-desa-wisata-di-buleleng-diusulkan-jadi-lokasi-kunjungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke