Salin Artikel

Warga Gelar Ritual Pembersihan di Pohon Keramat Tempat WNA Rusia Berpose Telanjang

TABANAN, KOMPAS.com - Warga Desa Adat Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali, menggelar ritual mecaru atau pembersihan di pohon keramat tempat WNA asal Rusia AF (28), merekam video telanjang.

AF yang didampingi suaminya AFL (36), dilibatkan dalam ritual yang digelar pada Jumat (6/5/2022) siang.

Upacara tersebut digelar untuk mengembalikan kesucian pohon kayu putih yang masuk dalam kawasan Pura Babakan di Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar Tedy Riyandi mengatakan, AF ikut hadir dalam ritual tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban atas perbuatannya.

"Bahwa yang bersangkutan telah menjalani upacara adat hari ini di Desa Tua untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pada peraturan adat yang berlaku," kata Tedy saat dikonfirmasi.

Sementara itu, Ketua PHDI Kabupaten Tabanan, I Wayan Tontra mengatakan, upacara ini diharapkan dapat menciptakan keharmonisan antara Tuhan, alam, dan manusia.

Mecaru sendiri, sambung dia, mengandung beberapa makna. Pertama, pembersihan halaman.

"Kedua, menetralisir kekuasaan-kekuasaan alam yang tadinya akibat perilaku turis itu menyebabkan tidak seimbang, agar menjadi seimbang kembali," kata dia.

Wayan Tontra mengatakan, pasangan suami istri ini juga menjalani upacara Ngaturang Guru Pidaka sebagai wujud permintaan maaf terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam pelaksanaan upacara mecaru dan Ngaturang Guru Pidaka, disiapkan sejumlah sesajen dan ayam jantan sebagai media persembahan.

"Ngaturang maksudnya mohon maaf kepada Tuhan, Ida Batara atau Dewa yang bersemayam di sana, karena pohon itu ada di lingkungan pura," beber dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/05/06/154955878/warga-gelar-ritual-pembersihan-di-pohon-keramat-tempat-wna-rusia-berpose

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke