Salin Artikel

Cerita Made Saat Layangannya Diborong Cucu Jokowi di Pantai Nusa Dua Bali

BADUNG, KOMPAS.com - Rasa bangga bercampur bahagia masih dirasakan Made (40), penjual layang-layang di Pantai Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Made ketiban berkah saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarganya datang berkunjung ke pantai yang masuk dalam kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua tersebut, pada Jumat (6/5/2022) sore.

Saat itu, Jokowi menghabiskan waktu bermain dengan keempat cucunya, yaitu Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Manah, Panembahan Al Ahyan Nasution, dan Sedah Mirah.

Made menuturkan, Jokowi dan keluarga berlibur di pantai selama kurang lebih 4 jam sejak pukul 16.00 Wita hingga pukul 19.00 Wita.

Di sela-sela waktu itu, tiba-tiba salah satu anggota pasukan pengamanan presiden (paspampres) menghampiri Made. Dia ingin membeli layangan untuk cucu Jokowi.

Made pun senang bukan kepalang karena tiga layangan yang belum laku sedari pagi langsung terjual.

"Senanglah, dapat rezeki. Tiga layangan (dibeli Presiden Jokowi)," katanya dengan senyum sumringah saat ditemui di Pantai Nusa Dua pada Sabtu (7/5/2022).

Meski layangannya dibeli oleh orang nomor satu di Indonesia, Made tidak langsung mematok harga tinggi untuk tiga layangan tersebut.

Justru dia bersyukur karena hasil karyanya bisa dinikmati oleh Presiden Jokowi dan cucunya.

"Harga untuk pak Jokowi murah. (Layangan yang dibeli) satu berbentuk perahu dan dua berbentuk burung," katanya.

Made mangaku, layangan yang terbuat dari kain dan bambu tersebut dijual dengan harga Rp 200.000. Layangan tersebut juga bisa dijadikan oleh-oleh karena bisa dilipat.

"Tergantung (harganya). Kalau yang gini (berbentuk perahu) saya jual Rp 200 ribu, membuatnya susah, lama buatnya. Ini bisa dilipat dan dibuka," katanya.

Made juga tak bisa menyembunyikan rasa kagumnya dengan Presiden Jokowi karena masih meladeni warga yang ingin mengajaknya berfoto bersama.

"Memang luar biasa pak Jokowi, tamu-tamu yang nginap di sini semua ingin berfoto," katanya.

Dia juga menilai kebijakan Jokowi selama pandemi Covid-19 sangat membantu perekonomian masyarakat Bali yang tergantung pada pariwisata.

"Hebat pak Jokowi. Selama ada meeting negara-negara (digelar di Bali) lumayan untuk kebangkitan di Bali," katanya.

Pantauan Kompas.com, Pantai Nusa Dua memang memliki dayak tersendiri. Suasananya membuat hati tenang cocok untuk wisatawan yang ingin memulihkan kepenatan. Pasirnya putih bersih, dan arus ombaknya tak kencang aman bagi anak yang ingin berenang.

Dari pantai ini, para pengunjung juga bisa menikmati kegagahan Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo menghabiskan waktu libur Lebaran 2022 bersama keluarganya di Bali.

Presiden Jokowi diketahui menginap di Istana Kepresidenan Tampaksiring di Kecamatan Tampaksiring, Gianyar sejak Rabu (4/5/2022).

https://denpasar.kompas.com/read/2022/05/07/174334578/cerita-made-saat-layangannya-diborong-cucu-jokowi-di-pantai-nusa-dua-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke