Salin Artikel

Menengok Museum Vespa World Day 2022, Ada Vespa Era Revolusi hingga Edisi Kobe Bryant

Museum tersebut hanya memamerkan sepeda motor vespa langka dan unik mulai dari Vespa Bacchetta masa revolusi Republik Indonesia hingga Vespa Primavera edisi Kobe Bryant keluaran tahun 2020.

Dikoleksi orang Indoenesia

Koordinator museum Vespa World Day 2022, Bambang Priambodo, mengatakan puluhan vespa yang ditampilkan di museum ini merupakan koleksi pribadi orang Indonesia yang dikumpulkan dari beberapa daerah.

"Semua orang Indonesia (pemilik) jadi ini vespa dimiliki oleh orang Indonesia dan vespanya dikoleksi di Indonesia. Dari seluruh Indonesia, ada dari Medan, Bali, dan sebagian besar dari wilayah Jawa," kata dia saat ditemui pada Jumat (10/6/2022).

Ia menjelaskan, museum ini hanya menampilkan vespa yang cukup langka dan unik di Indonesia.

Di antaranya, Vespa Bacchetta keluaran tahun 1949, Vespa super 150 edisi HUT Jakarta ke-450 tahun pada tahun 1979.

Kemudian, Vespa 946 Red yang dimodifikasi dengan gambar bermotif batik keluaran tahun 2018, dan Vespa Primavera 50 CC edisi Kobe Bryant keluaran tahun 2020.

"Di Indonesia sangat langkah jumlahnya sangat sedikit jadi itu yang kita coba tampilkan. terutama yang di tahun-tahun tua dan ada juga beberapa seperti yang disana yang diujung tipe modern tapi limited edition yang Kobe Bryant itu vespa Primavera tapi yang 50 cc," kata dia.


Bisa capai Rp 1 miliar

Hanya saja, Bambang enggan untuk membeberkan terkait harga atau nilai dan pemilik serta asal vespa-vespa ini secara rinci.

Ia memprediksi harga rata-rata vespa ini bisa mencapai Rp 1 miliar lebih jika dijual.

"Saya enggak bisa bicara soal harga karena ini menjadi privasi dari masing-masing pemilik karena ini barang koleksi jadi saya enggak bisa bicara soal itu, tapi memang (berkisar) di atas satu miliar (rupiah)," kata dia.

Bambang menambahkan, perhelatan yang mengumpulkan pecinta vespa atau dikenal Vespisti dari seluruh negara ini merupakan event yang baru pertama kali digelar di luar wilayah Eropa dan bisa diselenggarakan di Indonesia.

Ia berharap, koleksi vespa yang ditampilkan di museum ini dapat memuaskan dahaga para penggemar vespa yang ingin melihat vespa unik dan paling langka di Indonesia.

"Jadi gini museum ini sebenarnya adalah sosialisasi kepada vespisti Indonesia para penggemar vespa Indonesia kolektor juga bahwa di Indonesia mungkin banyak yang belum melihat unit-unit ini apalagi ketemu di jalan susah banget," kata dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/06/10/173629478/menengok-museum-vespa-world-day-2022-ada-vespa-era-revolusi-hingga-edisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke