Salin Artikel

Kontrol Wabah PMK, Pemprov Bali Batasi Pengiriman Sapi Jelang Idhul Adha

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga populasi sapi Bali di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di sejumlah daerah.

"Kita membatasi (pengiriman sapi)," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Kabid Nakeswan) Distanpangan Bali Anak Agung Istri Inten Wiradewi di Denpasar, Kamis (16/6/2022).

Ia menjelaskan, total kuota sapi yang seharusnya dikirim ke Jawa untuk Idul Adha 2022 mencapai 60.000 ekor.

Namun karena situasi wabah PMK, Dinas Peternakan dan Kesehatan Bali terpaksa memberikan kuota kepada pengusaha sebesar 35.000 untuk mengirimkan sapi ke Jawa.

"Kami, menjaga sapi di Bali tetap banyak. Karena di Bali tidak ada sapi luar masuk, karena kami berdasarkan perhitungan dinamika populasi dan ditentukan untuk Bali," kata dia.

Berdasarkan data yang tercatat pada 2021, populasi sapi di Bali sebanyak 538.000 ekor.

Sementara itu, menjelang Idhul Adha, tercatat sudah ada 25.000 ekor sapi yang dikirim ke Jawa. Sapi ini paling banyak dikirim ke Tangerang, Jakarta, dan Bekasi.

"Total pengiriman dari Mei sampai Juni sudah mencapai 25.000," katanya.

Ia mengatakan, sapi-sapi yang dikirim tersebut telah menjalani masa karantina 15 hari untuk memastikan bebas dari PMK.

Agar tidak dibobol PMK, pihaknya juga mewajibkan pelaku usaha menyediakan dan menyemprot truk pengangkut sapi setelah melakukan perjalanan dari daerah pengiriman.

"Jadi, truk wajib membawa alat disinfektan disemprot truk maupun ternaknya. Itu wajib dibawa. Sebelum truk masuk ke Bali itu wajib dicuci, bersih dan disemprot kembali dengan disinfektan," kata dia.

"Kemudian, di pintu masuk Bali di semua mobil yang melintas kita sudah pasang disinfektan di pintu gerbang jadi ketika masuk akan disemprot kendaraannya itu sebagai upaya kita," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas l Denpasar Putu Terunanegara mengatakan, permintaan sapi Bali dari luar daerah masih sangat tinggi. Hal itu karena sapi Bali masih aman dari wabah PMK.

"Kebutuhan sapi di luar sana masih cukup tinggi. Kalimantan juga masih mengambil sapi dari kita karena kita masih bebas PMK," ujarnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/06/16/173053678/kontrol-wabah-pmk-pemprov-bali-batasi-pengiriman-sapi-jelang-idhul-adha

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke