Salin Artikel

Lolos Pemeriksaan 3 Bandara, WNA Malaysia Ditangkap di Bali, Bawa Kapsul Sabu

Diresnarkoba Polda Bali Kombes Iwan Eka Putra mengungkapkan, WNA ini datang ke Bali dengan tujuan berlibur sambil berpesta sabu.

Pelaku mengemas barang terlarang tersebut ke dalam beberapa kapsul sehingga terlihat seperti obat-obatan.

"WN Malaysia ini, dia memang tujuannya ke Indonesia pengen enjoy benar. Dia kemas sabu di dalam kapsul obat," kataKombes Iwan Eka Putra  saat ditemui di kantor BNNP Bali, Jumat (5/8/2022).

Lolos di 3 bandara

Iwan mengatakan, berkat kepiawaiannya menyembunyikan sabu tersebut, WNA ini bisa lolos dari pemeriksaan di tiga bandara di Malaysia.

Dia memulai perjalanannya dari Bandara Limbang, kemudian transit di Bandara Khucing, Serawak, lalu berangkat Bandara Kuala Lumpur, Malaysia.



Dari sana, dia kemudian masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rabu (3/8/2022).

"Saya sampaikan luar biasa kepada Bea Cukai di bandara bisa menangkap WN Malaysia ini, sementara di Malaysia ini sudah melewati tiga bandara. Mulai dari Limbang, Khucing kemudian KL (Kuala Lumpur) dan di bandara kita dia terdeteksi," katanya.

Mengandung sabu

Iwan mengungkapkan, dari pemeriksaan laboratorium, kapsul obat-obatan berisi kristal bening tersebut memang mengandung narkotika jenis sabu.

"Jumlahnya setelah diserahkan ke Polda Bali, setelah kita timbang (beratnya nol koma sekian gram. Karena memang tujuan dia sudah merencanakan (pesta sabu)," kata dia.

Atas perbuatannya, WNA Malaysia ini dijerat dengan Pasal 127 huruf A UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika sebagai penyalah guna bagi diri sendiri, dengan ancaman pidana penjara paling lama empat tahun.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/08/05/135248878/lolos-pemeriksaan-3-bandara-wna-malaysia-ditangkap-di-bali-bawa-kapsul-sabu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke