Salin Artikel

Nakes di Buleleng Mulai Disuntik Vaksin Dosis Keempat

BULELENG, KOMPAS.com - Tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, mulai disuntik vaksin Covid-19 dosis keempat atau booster kedua.

Sebanyak 204 nakes yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 di RSUD Buleleng, mendapat vaksin keempat, Jumat (5/8/2022).

"Nantinya 1.365 nakes RSUD Buleleng akan menerima vaksinasi selama 5 hari ke depan," kata Direktur Utama RSUD Buleleng, dr Putu Arya Nugraha.

Pihaknya menargetkan, 200 hingga 300 orang nakes tervaksin setiap harinya. Jumlah itu sudah termasuk dokter magang hingga mahasiswa yang praktik di RSUD Buleleng.

Arya mengatakan, kasus penularan Covid-19 di Buleleng mulai meningkat kembali. Bahkan, Bed Occupancy Rate (BOR) atau jumlah keterisian pasien di ruang perawatan Covid-19 di Buleleng mencapai 80 persen.

Untuk itu, vaksin dosis keempat ini masih diprioritaskan untuk nakes. Sebab, kasus penularan Covid-19 kembali melonjak.

"Saat ini masih diprioritaskan untuk vaksinasi booster dua kepada nakes saja. Dinas Kesehatan sudah memfasilitasi vaksin untuk tenaga kami," ungkapnya.

Dengan pemberian vaksin dosis keempat, diharapkan bisa menjadi penguatan antibodi untuk nakes yang bekerja di rumah sakit.

Mengingat, nakes mulai dari yang bertugas di IGD hingga ruang perawatan, kontak erat dengan pasien Covid-19.

Vaksinasi booster kedua ini menggunakan setengah dosis vaksin jenis Moderna. Menurutnya, kebutuhan ketersedian vaksin akan dipenuhi langsung dari pemerintah.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/08/05/165625878/nakes-di-buleleng-mulai-disuntik-vaksin-dosis-keempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke