Salin Artikel

Perahu Rusak akibat Tabrakan di Tengah Laut, Nelayan Asal Karangasem Dievakuasi

Kedua nelayan itu berangkat melaut pada Rabu, pukul 05.00 Wita. Saat menjaring ikan, perahu yang mereka tumpangi tertabrak kapal di tengah laut. 

"Ketika menarik jaring ikan, ada datang kapal dari arah timur menuju ke barat kemudian tertabrak dan kedua katirnya terlepas," kata Koordinator Pos SAR Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana saat dikonfirmasi, Rabu.

Sementara itu, Kepala Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan, petugas menerima laporan dari Balawista Tulamben sekitar pukul 08.15 Wita.

"Dengan keterangan waktu kejadian kurang lebih pukul 07.00 Wita," kata Darmada.

Darmada menambahkan, nelayan itu berada di koordinat 8 derajat 14.390'S - 115 derajat 39.877'T, sekitar 4 nauctical mile dari bibir pantai.

Sebanyak sembilan personel SAR Karangasem dikerahkan untuk pencarian dan evakuasi.

Upaya pencarian juga mengerahkan rubber boat Basarnas Bali serta 11 perahu Kelompok Nelayan Penyimpenan Rubaya Kubu.

Petugas mendekati posisi korban menggunakan speed boat Pos Polair Kubu sekitar pukul 09.15 Wita.

"Berselang 30 menit, kedua nelayan ditemukan dalam keadaan selamat. Selanjutnya perahu korban ditarik menggunakan speed boat hingga bibir pantai," jelasnya.

Saat proses evakuasi berlangsung, tali yang digunakan untuk menarik perahu sempat terputus. Namun kendala itu bisa diatasi, hingga akhirnya tiba di Pantai Rubaya Kubu, pukul 10.50 Wita.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/08/10/132314978/perahu-rusak-akibat-tabrakan-di-tengah-laut-nelayan-asal-karangasem

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke