Salin Artikel

Pria ODGJ di Bali Diduga Tusuk Ibu Tiri hingga Tewas, Sebelumnya Pernah Bunuh Ibu Kandung

Dari catatan polisi, ternyata IWA memiliki riwayat melakukan penganiayaan yang berujung kematian terhadap dua anggota keluarganya, yakni ibu kandungnya pada 2016 dan neneknya pada 2017.

Kapolsek Payangan AKP I Putu Agus Ady Wijaya mengatakan, kasus penganiayaan tersebut terjadi pada Minggu (18/9/2022) pukul 18.00 Wita.

Korban diketahui berinisial NW (48), yang merupakan ibu tiri pelaku.

"Ini yang ketiga kali (melakukan penganiayaan yang menyebabkan korban tewas). Pertama ibu kandungnya sekitar tahun 2016, kedua neneknya tahun 2017 dan ketiga ibu tirinya," kata dia dihubungi, Senin (19/9/2022).

Wijaya mengatakan, IWA pertama kali didiagnosa oleh dokter RSJ Bangli, Bali, menderita gangguan jiwa usai membunuh ibu kandungnya. Sehingga kasus tersebut tidak bisa dilanjutkan ke proses hukum.

Selanjutnya, IWA dirawat secara intensif di RSJ Bangli. Beberapa bulan kemudian, IWA dipulangkan ke rumahnya untuk menjalani rawat jalan.

Keluarga lalu membuat kamar khusus di samping rumah utama keluarga untuk IWA. Pelaku dikurung dalam kamar itu untuk mencegah kejadian yang menimpa ibunya terulang laig.

Meski begitu, keluarga tetap rutin membawa IWA berobat ke RSJ Bangli, terutama saat obatnya telah habis.

Namun, kejadian serupa kembali terulang. IWA menganiaya ibu tirinya hingga tewas.

Wijaya mengatakan, ketiga korban meninggal dengan cara yang sama, ditusuk oleh IWA dengan sebilah belati.


Keberadaan korban pertama kali ditemukan oleh suaminya, yang merupakan ayah kandung IWA berinisial PY (47), di dalam kamar dalam kondisi bersimbah darah.

PY saat itu baru pulang dari upacara ngaben di banjar. Korban sempat dilarikan ke rumah sakit di Gianyar, tetapi nyawa tidak bisa tertolong.

"Kita menerima laporan bahwa korban tergeletak di kamar dan kita bawa ke rumah sakit. Waktu itu masih bisa bernapas sampai di rumah sakit telah dinyatakan sudah meninggal dunia," kata dia.

Wijaya menduga, usai menusuk ibu tirinya, IWA melarikan diri mengunakan sepeda motor ke arah Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

"Kita sedang melakukan pencarian. Informasi kita terima berada di Kota Singaraja. Jadi, tim sedang ke lokasi dalam perjalanan semoga benar ada di sana," katanya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/09/19/212201978/pria-odgj-di-bali-diduga-tusuk-ibu-tiri-hingga-tewas-sebelumnya-pernah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke