Salin Artikel

Presiden Jokowi Ajak Hakim Konstitusi Ikut Berperan Tangani Krisis Global

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam acara Kongres ke-5 World Conference on Constitutional Justice (WCCJ), di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (5/10/2022).

"Pandemi belum sepenuhnya berakhir, perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit, dan dunia dikejutkan lagi dengan perang antara Rusia dan Ukraina yang mengacaukan rantai pasok perdagangan Global. Krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial tidak terhindarkan lagi," kata Jokowi di Badung, Rabu.

Jokowi yakin 119 negara yang hadir dalam pertemuan tersebut juga dihadapkan pada situasi sulit akibat krisis pangan, energi, dan finansial.

Oleh karena itu, Presiden mengajak para hakim konstitusi dari berbagai negara tersebut untuk berperan menangani krisis sekaligus menegakkan peradilan konstitusi.

"Saya mengharap adanya langkah bersama lintas negara dalam membangun perdamaian dalam menangani krisis dan sekaligus dalam meletakkan constitutional justice di tengah menguatnya rivalitas antar negara baik di bidang militer maupun ekonomi," kata dia.

"Kita perluas ruang-ruang kerjasama baik dalam konteks bilateral maupun multilateral, persaudaraan dan solidaritas harus terus kita bangun dengan langkah-langkah yang nyata dan hasil-hasil yang nyata," kata dia.

Senada dengan Jokowi, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman mengatakan, kongres ke-5 WCCJ ini merupakan sebuah momentum tepat pagi para hakim konstitusi untuk ikut berkontribusi dalam mewujudkan perdamaian dan keadilan bagi bangsa-bangsa di dunia.

"Tema Kongres kali ini, yaitu tentang, 'Perdamaian dan Keadlian Konstitusional', adalah kesamaan nilai, bagi kita semua, yang berkumpul pada hari ini. Atau dengan kata lain, tema kongres kali ini, menjadi kewajiban kita bersama, untuk sama-sama peduli dan mewujudkannya," kata dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/10/05/203404178/presiden-jokowi-ajak-hakim-konstitusi-ikut-berperan-tangani-krisis-global

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke