Salin Artikel

Sudah Sepekan, Satu Dusun di Karangasem Terisolasi akibat Longsor

KARANGASEM, KOMPAS.com - Longsor menutup akses jalan utama di Dusun Sega, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Akibatnya, sekitar 30 kepala keluarga (KK) yang mendiami dusun itu terisolasi.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem, Putu Eka Putra Tirtana menyebutkan, longsor itu terjadi pada Senin (17/10/2022). Namun, selang sepekan, hingga saat ini material longsor belum tuntas dibersihkan.

Ia mengatakan, material longsor berupa batu berukuran besar masih menutupi akses jalan utama di dusun tersebut. Untuk pembersihan membutuhkan alat berat.

"Jalan belum bisa dilalui dan sempat terisolasi. Namun, sekarang sudah bisa dilewati kendaraan roda dua, kendaraan roda empat masih belum," katanya dikonfirmasi Selasa (25/10/2022).

"Masih menunggu alat berat dari Dinas PU untuk evakuasi material longsor. Kalau pakai alat kecil tidak bisa ditangani. Kendalanya adalah jalan di sana sempit. Kami masih mencari akses untuk alat berat menuju ke sana," jelasnya.

Untuk sementara, warga bersama petugas dan TNI-Polri membersihkan material tanah longsor yang menutup jalan utama itu dengan peralatan seadanya.

"Bantuan sudah kami salurkan ke sana. Memang akses untuk roda empat belum bisa dilalui. Sehingga warga harus memutar jalan lebih jauh," ujar dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/10/25/154223478/sudah-sepekan-satu-dusun-di-karangasem-terisolasi-akibat-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke