Salin Artikel

Foto Gaya Salto Berujung Petaka, Wisatawan Ini Alami Patah Kaki Usai Jatuh dari Tebing Setinggi 40 Meter

KLUNGKUNG, KOMPAS.com - Seorang pria berinisial AK (27) mengalami musibah saat berwisata di Broken Beach di Dusun Sompang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali, pada Senin (21/11/2022).

Pria asal Tomohon Tengah, Sulawesi Utara, ini jatuh dari tebing setinggi 40 meter gara-gara berfoto dengan gaya salto.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Nusa Penida, Kompol I Gede Redastra, mengatakan, musibah tersebut berawal saat korban tiba di Nusa Penida melalui dermaga Banjar Nyuh, Nusa Penida, sekitar pukul 08.30 Wita.

Lalu, korban ditemani salah satu pemandu wisata menuju objek wisata Broken Beach dengan menggunakan sepeda motor Beat nomor polisi DK 5783 UAX.

Tiba di lokasi, korban mengabadikan momen dengan meminta pemandu wisata untuk memotretnya dengan berbagai gaya.

"Setelah melakukan kurang lebih ada sepuluh foto, dan pada sesi terakhir melakukan foto, korban mengambil posisi foto dengan gaya salto ke depan dan tiba-tiba korban terjatuh ke bawah pantai," kata Redastra, Senin.

Ia menuturkan, kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Nusa Penida. Polisi bersama tim SAR merespons laporan itu dengan langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi korban.

Proses evakuasi terhadap korban berlangsung cukup lama, mulai pukul 13.20 Wita hingga pukul 15.15 Wita. Selanjutnya, pada pukul 16.12 Wita, korban tiba di UGD Rumah Sakit Pratama, Klungkung.

"Korban hanya mengalami luka di bagian kaki. Rencana korban akak dirujuk ke Rumah Sakit Umum Klungkung," kata dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, mengatakan, operasi evakuasi terhadap korban ini berlangsung dramatis.

Awalnya, tim SAR gabungan hendak melakukan evakuasi melalui jalur laut dengan mengunakan Rigid Inflatable Boat (RIB), namun terkendala ombak yang cukup besar.

Kendati demikian, mereka tetap berupaya melakukan evakuasi dengan menurunkan dua petugas ke dasar tebing menggunakan tali.

Hingga akhirnya, korban berhasil dievakuasi dengan selamat.

"Setelah mendapatkan penanganan awal untuk mengurangi pendarahan pada cedera kaki dan tangan, korban ditarik ke atas dengan menggunakan tandu," kata Darmada.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/11/21/185426178/foto-gaya-salto-berujung-petaka-wisatawan-ini-alami-patah-kaki-usai-jatuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke