Salin Artikel

Air Terjun Tanggedu di Sumba Timur: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute

KOMPAS.com - Air Terjun Tanggedu terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Provisni Nusa Tenggara Timur.

Keberadaan Air Terjun Tanggedu bagaikan oase, sebab kondisi di sekitar tempat wisata merupakan padang rumput dan perbukitan yang gersang.

Air Terjun Tanggedu menjadi penyejuk saat berlibur di wilayah Sumba Timur.

Air Terjun Tanggedu

Daya Tarik Air Terjun Tanggedu

Begitu menginjakan kaki di tempat wisata Air Terjun Tanggedu, pengunjung akan disambut dengan gemericik air terjun. Suara air terjun menjadi pemecah kesunyian.

Kawasan Air Terjun Tanggedu berasal dari aliran sungai dengan ketinggian sekitar delapan meter.

Terdapat kolam pemandian alami dengan air yang sangat bersih, segar, dan berwarna kebiruan.

Pengunjung dapat berenang di beberapa kolam di Air Terjun Tanggadu. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut dengan berfoto.

Kawasan wisata Air Terjun Tanggedu memiliki spot foto alami yang manarik. Setiap spot foto memiliki sensasi yang khas. Pengunjung juga dapat berpose dengan latar belakang air terjun.

Bahkan tebing batu besar yang terdapat di kanan kiri sungai dapat menjadi spot foto yang tidak kalah menarik.

Harga Tiket Air Terjun Tanggedu

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Tanggedu, pengunjung akan dikenakan harga tiket sebesar Rp 50.000 untuk satu rombongan. Sebagai catatan, harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Sedangkan, tarif parkir kendaraan sebesar Rp 5.000.

Rute Air Terjun Tanggedu

Jarak tempuh Air Terjun Tanggedu dari Waingapu (ibu kota Kabupaten Sumba Timur) sekitar 47,6 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 20 menit.

Perjalanan menuju tempat wisata tersebut akan mengikuti jalan lintas pantai utara (Pantura) Pulau Sumba. Akses yang dilalui berupa jalan aspal mulus.

Sampai Desa Mondu, Kanatang, perjalanan dilanjutkan berbelok ke kiri menuju wisata Air Terjun Tanggedu dengan jarak tempuh 15 kilometer.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, namun perlu hati-hati karena tidak semua jalan telah beraspal mulus. Untuk itu pastikan, kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

Perjalanan menggunakan kendaraan roda empat hanya dapat sampai jembatan gantung yang berjarak 2,5 kilometer dari tempat wisata.

Sedangkan, kendaraan roda dua dapat mencapai tempat wisata Air Terjun Tanggedu.

Pengunjung dapat memarkir kendaraan di tempat yanng telah disediakan, setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki selama tujuh menit menuju lokasi wisata.

(Penulis: Kontributor Sumba, Ignasius Sara | Editor: Anggara Wikan Prasetya)

Sumber:

travel.kompas.com dan kupang.tribunnews.com

https://denpasar.kompas.com/read/2023/02/11/223336578/air-terjun-tanggedu-di-sumba-timur-daya-tarik-harga-tiket-dan-rute

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke