Salin Artikel

Tarif Tol untuk Sepeda Motor 2023

KOMPAS.com - Sebagian besar jalan tol di Indonesia memiliki larangan melintas bagi kendaraan roda dua atau sepeda motor dengan alasan keamanan.

Namun ternyata ada sebuah ruas tol di Indonesia yang dapat dilewati oleh kendaraan roda dua atau sepeda motor, yaitu Tol Bali Mandara.

Pengecualian ini diberikan kepada Tol Bali Mandara karena jalan tol ini telah dilengkapi dengan jalur tol khusus bagi kendaraan roda dua.

Selain itu, Tol Bali Mandara juga telah dilengkapi dengan prosedur keselamatan bagi pengendara, terutama pada saat cuaca buruk atau kecepatan angin cukup kencang.

Hal ini menjadikan Jalan Tol Bali Mandara di Pulau Bali sebagai satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur khusus sepeda motor.

Tarif Tol Bali Mandara untuk Sepeda Motor

Adapun tarif Tol Bali Mandara 2023 untuk kendaraan Golongan VI atau kendaraan bermotor roda dua adalah sebesar Rp 5.000 saja.

Tarif tol tersebut ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 75/KPTS/M/2022 tanggal 31 Januari 2022 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Tol Bali Mandara.

Dengan sistem transaksi terbuka, pengguna jalan tol harus melakukan pembayaran langsung saat memasuki gerbang tol dengan tarif bersifat reversibel.

Saat ini Jalan Tol Bali Mandara memiliki 3 gerbang tol, yaitu Gerbang Tol Nusa Dua, Gerbang Tol Ngurah Rai, dan Gerbang Tol Benoa.

Adapun keseluruhan gardu Tol Bali Mandara hanya melayani transaksi pembayaran menggunakan uang elektronik.

Aturan tentang Sepeda Motor di Jalan Tol

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com (13/01/2023), berikut adalah penjelasan mengenai aturan sepeda motor di jalan tol.

Aturan tentang sepeda motor di jalan tol sesuai dengan Pasal 38 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Pasal 38 PP Nomor 44 Tahun 2009 tersebut berbunyi:

(1) Jalan tol diperuntukkan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

(1a) Pada jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

(2) Kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikelompokkan berdasarkan jenis angkutan dan tonasenya.

(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (1a) ditetapkan oleh Menteri.

Mengenal Jalur Sepeda Motor di Tol Bali Mandara

Tol Bali Mandara dengan panjang awal mencapai 12,7 Km kilometer ini dikenal sebagai jalan tol atas laut pertama di Indonesia.

Jalan tol kebanggan masyarakat Bali ini juga menjadi salah satu tol atas air terpanjang di dunia.

Dilansir dari laman djkn.kemenkeu.go.id, Tol Bali Mandara menghubungkan tiga kawasan penting di Pulau Bali yang disebut sebagai kawasan segitiga emas.

Ketiga kawasan tersebut adalah Bandara Ngurah Rai, Kawasan Nusa Dua, dan Pelabuhan Benoa.

Dalam mendukung kelancaran dan keamanan berkendara khususnya pengendara sepeda motor, pada ruas tol ini juga telah dipasang alat pengukur kecepatan angin.

Alat tersebut di setiap gerbang tol yaitu di GT Nusa Dua, GT Ngurah Rai, dan GT Benoa.

Jika kecepatan angin mencapai 40 80 km/jam atau lebih maka lajur tol untuk sepeda motor akan ditutup sementara guna menghindari resiko kecelakaan.

Kemudian apabila kecepatan angin sudah melebihi 80 km/jam maka jalur mobil juga akan ikut ditutup.

Sumber:
bpjt.pu.go.id, djkn.kemenkeu.go.id, bpjt.pu.go.id/cek-tarif-tol, kompas.com (Penulis : Diva Lufiana Putri, Editor : Sari Hardiyanto)

https://denpasar.kompas.com/read/2023/03/25/172235578/tarif-tol-untuk-sepeda-motor-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke