Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu Jenazah Pegiat HAM HS Dillon Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Kompas.com - 17/09/2019, 12:52 WIB
Kontributor Banyuwangi, Imam Rosidin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Jenazah pegiat Hak Asasi Manusia, HS Dillon dikremasi di Krematorium Mumbul, Badung, Selasa (17/9/2019) pukul 14.00 Wita.

Selanjutnya abu jenazah akan dibawa ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Hal ini dikatakan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto yang memimpin upacara pelepasan jenazah di Rumah Duka RSAD Udayana, Selasa.

"Hari ini saya pimpin upacara pelepasan jenazah almarhum ke tenpat untuk dikremasi karena beliau mendapatkan hak untuk diupacarai secara militer untuk pemakaman. Jenazah dikremasi setelah itu abunya akan dimakamkan ke TMP Kalibata," kata Benny Susianto.

Baca juga: Pelayat dan Karangan Bunga Penuhi Rumah Duka HS Dillon

Benny menuturkan, HS Dillon dianugerahi bintang jasa mahaputra utama dari pemerintah. Sehingga ia berhak mendapatkan penghormatan secara militer.

"Ini penghargaan yang diberikan negara dan saya yakin negara memeberikan bukan pada orang sembarangan. Ini penghargaan yang tinggi sehingga kami patut memberikan pengormatan kepada beliau," katanya.

Ia menambahkan HS Dillon mendapatkan penghargaan tersebut karena memberikan kontribusi yang besar bagi Indonesia.

"Tentunya kami juga merasa kehilangan beliau bagian daripada masyarakat bangsa ini yang memberikan kontribusi yang besar untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita patut teladani juga apa yang diteladani," katanya.

Baca juga: Meninggal di Bali, HS Dillon Dirawat Sejak 19 Agustus 2019

Komplikasi jantung

Seperti diberitakan sebelumnya, Harbrinderjit Singh Dillon atau yang akrab disapa HS Dillon meninggal dunia di RS Siloam, Bali, pada Senin (16/9/2019) pukul 18.00 WITA.

Anak sulung HS Dilon, Haryasetyaka Dillon membenarkan kabar duka tersebut. Ia mengatakan, almarhum dirawat di RS Siloam sejak 19 Agustus 2019.

Menurut dia, saat meninggal, HS Dillon sedang berlibur bersama sang istrinya Drupadi S Harnopidjati.

HS Dillon mengalami komplikasi jantung dan paru-paru sehingga dilakukan perawatan di RS Siloam, Badung, hingga dikabarkan meninggal dunia pada Senin (16/9/2019) sore.

Baca juga: Komnas HAM Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya HS Dillon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com