Pasca-gempa Magnitudo 6, Sembilan Gempa Susulan Guncang Bali

Kompas.com - 16/07/2019, 11:04 WIB
Gempa bermagnitudo 6 mengguncang Bali pada Selasa (16/7/2019) sekitar pukul 07.18 Wita. Gempa ini berpusat di 83 kilometer arah barat daya Nusa Dua Bali dengan pusat gempa di kedalaman 68 kilometer. dok Twitter BMKGGempa bermagnitudo 6 mengguncang Bali pada Selasa (16/7/2019) sekitar pukul 07.18 Wita. Gempa ini berpusat di 83 kilometer arah barat daya Nusa Dua Bali dengan pusat gempa di kedalaman 68 kilometer.

DENPASAR, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 9 gempa susulan atau after shock setelah gempa bermagnitudo 6 mengguncang Bali pada Selasa (16/7/2019) pagi.

Gempa susulan ini yang mengguncang wilayah Jembrana, Bali itu memiliki magnitudo terbesar 3.2 dan magnitudo terkecil 2.4. 

"Hingga pukul 10.00 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan 9 kali aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono , S.T., Dipl. Seis, M.Sc. melalui siaran pers.

Baca juga: Penyebab Gempa Bali yang Mengakibatkan Sekolah hingga Hotel Rusak

Meskipun demikian, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, BMKG juga mengimbau agar warga menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ujar Triyono. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X