Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Sandar di Buleleng, Ratusan Turis Asing Berwisata ke Pura Beji hingga Pasar Tradisional

Kompas.com - 14/02/2023, 19:40 WIB
Hasan,
Andi Hartik

Tim Redaksi

BULELENG, KOMPAS.com - Kapal Pesiar Seven Seas Explorer berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Selasa (14/2/2023). Kapal itu mengangkut ratusan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Buleleng.

Kapal Seven Sea Explorer menjadi kapal pesiar kedua yang berkunjung ke Buleleng pada bulan Februari setelah sebelumnya kapal pesiar berbendera Bahamas bernama MS Ocean Odyssey merapat pada Jumat (03/2/2023) lalu.

Kapal Seven Sea Explorer yang berbendera Marshall Island ini memiliki GRT (Gross Tonnage) 55.524 ton dan LOA (Length Over All) 225 meter. Kapal itu membawa sebanyak 647 penumpang dengan 530 kru.

Baca juga: Rumah Warga di Buleleng Diduga Dibakar OTK, Korban Sempat Cium Bau Solar

Tiba di dermaga, para wisatawan asing disambut dengan pertunjukan tari tradisional Bali. Perwakilan penumpang dan kru kapal juga disambut dengan pengalungan bunga.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara menyampaikan, sebagian besar penumpang kapal pesiar tersebut mengunjungi objek wisata andalan Buleleng.

Baca juga: Pipa Jaringan Distribusi Air Putus Diterjang Banjir Bandang, Puluhan KK di Buleleng Kesulitan Air Bersih

Mereka mengunjungi destinasi wisata di Buleleng seperti Air Panas Banjar, Vihara Arama Banjar, Klenteng Ling Gwan Kiong, Pura Beji Desa Sangsit, Monumen perang Desa Jagaraga, hingga ke Pasar Anyar.

"Kapal Pesiar Seven Seas Explorer singgah di Buleleng selama satu hari. Para wisata turun untuk berwisata ke sejumlah destinasi di Buleleng," katanya.

Ia menyampaikan, sebanyak 410 wisatawan penumpang kapal pesiar itu berwisata menggunakan jasa agen wisata. Kemudian, 100 orang lebih wisatawan berwisata secara mandiri.

Ia mengungkapkan, sepanjang bulan Februari hingga Maret 2023, akan ada beberapa kapal pesiar lainnya yang diagendakan bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang.

Para wisatawan penumpang kapal pesiar itu juga akan mampir melakukan kunjungan ke beberapa destinasi wisata di Buleleng.

"Kedatangan kapal ini menjadi salah satu indikator peningkatan animo wisatawan yang datang ke Buleleng," katanya.

"Semoga momentum kunjungan wisatawan melalui kedatangan kapal pesiar ini bisa meningkatkan perekonomian khususnya di sektor pariwisata yang sempat terpuruk saat 2 tahun pandemi," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com