Salin Artikel

Pantai Kuta Bali Ditutup Pukul 23.00 Saat Malam Tahun Baru, Wisatawan Dilarang Pesta Kembang Api

Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan mengatakan, penutupan itu sejalan dengan Instruksi Kementerian Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 66 dan Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 20 Tahun 2021.

"Tidak boleh ada keramaian dan kerumunan perayaan. Maksimal pukul 23.00 Wita sudah clear, tidak boleh ada kegiatan lagi," kata Jansen di Polresta Denpasar, Selasa (28/12/2021).

Jansen menjelaskan, kendati akan dilakukan penutupan, pihaknya tak melarang warga yang akan berkunjung ke Pantai Kuta sebelum pukul 23.00 Wita.

Para pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi ketentuan lain seperti tak boleh menyalakan kembang api.

Para pedagang juga dilarang menjual kembang api dan segala jenis petasan lainnya.

"Tidak boleh ada bawa kembang api, petasan dan lainnya. (Pedagang) pertama kita lakukan langkah-langkah pencegahan di sana. Kalau nanti kita temukan, itu kita akan proses hukum," ucapnya.

Jalan di sepanjang Pantai Kuta, lanjut dia, juga akan ditutup untuk jalur kendaraan menjelang pergantian tahun.

Pengunjung yang akan merayakan pergantian tahun di Pantai Kuta hanya bisa masuk dengan berjalan kaki sebelum pukul 23.00 Wita.

"Kita akan tetap koordinasi dengan Desa Adat untuk melakukan penyekatan termasuk juga kantong parkir kita koordinasikan akan ditutup. Tidak dilarang (berkunjung), tapi ada pembatasan di sana. Dibatasi baik dari jumlah kerumunan dan sebagai," tuturnya.

Pihaknya akan menerjunkan sebanyak 1.146 untuk melakukan pengamanan di wilayah hukum Polresta Denpasar di antaranya Kota Denpasar dan Kabupaten Badung di bagian selatan.

https://denpasar.kompas.com/read/2021/12/28/165552778/pantai-kuta-bali-ditutup-pukul-2300-saat-malam-tahun-baru-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke