Salin Artikel

Tinjau Lokasi Karantina PPLN di Bali, Kepala BNPB Tekankan 4 Hal supaya Tak Terjadi Penularan Covid-19

BALI, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal Suharyanto meninjau dua lokasi karantina yang diperuntukan bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di Bali, Rabu (12/1/2022).

Dua lokasi yang itu adalah Hotel Hilton Garden Inn dan Hotel Vassini di Kawasan Kuta, Kabupaten Badung.

Peninjauan tersebut berfokus pada alur atau flow kedatangan para PPLN saat tiba di hotel.

Suharyanto yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menekankan empat hal dalam peninjauan tersebut.

Pertama, waktu tunggu di bandara saat PPLN tiba.

Menurutnya, dalam kurun waktu satu jam, pelaku perjalanan luar negeri harus sudah berpindah dari bandara ke lokasi karantina. Hal tersebut untuk menghindari adanya kerumunan di bandara.

Kedua, untuk meminimalkan kontak, jalur masuk antara pengunjung umum dengan pasien karantina harus dibedakan.

"Perlu dibedakan jalur masuknya agar tidak ada kontak dengan pengunjung umum sehingga dapat meminimalisir penularan apabila ada yang positif," kata dia.

Ketiga, Suharyanto meminta adanya pengawasan ketat terhadap pasien karantina oleh tenaga kesehatan. Pengawasan tersebut dilakukan secara langsung oleh tenaga kesehatan minimal dua kali sehari.

"Minimal dua kali sehari ada pengecekan kesehatan oleh dokter agar terpantau kondisi para pasien karantina, jangan diabaikan ternyata malah sakit," tuturnya.


Keempat, Suharyanto meminta pengawasan keamanan juga harus dilakukan oleh pihak hotel untuk memastikan tidak ada pasien yang meninggalkan ruangan selama karantina berlangsung.

Mengacu pada Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 nomor 1 tahun 2022, pelaku perjalanan luar negeri baik WNI maupun WNA wajib menjalani karantina terpusat selama 7x24 jam.

Penerapan kebijakan karantina bertujuan untuk menekan angka kenaikan kasus Covid-19 khususnya varian baru Omicron.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/01/12/194820078/tinjau-lokasi-karantina-ppln-di-bali-kepala-bnpb-tekankan-4-hal-supaya-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke