Salin Artikel

Oplos Elpiji, Pria di Buleleng Bali Raup Keuntungan Rp 20.000 Per Tabung

Praktik pengoplosan isi tabung elpiji subsidi 3 kilogram ke nonsubsidi 12 kilogram itu dilakukan KA di rumahnya yang berlokasi di Banjar Dinas Kembang Sari, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

"Pengoplosan elipiji dari tabung 3 kg ke tabung 12 kg (dilakukan) tanpa izin," kata Kasi Humas Polres Buleleng Iptu Gede Sumarjaya dalam keterangan tertulis, Kamis (13/1/2022).

Sumarjaya menjelaskan, pengungkapan kasus tersebut bermula dari adanya laporan masyarakat pada Rabu (12/1/2022) terkait adanya pengoplosan elpiji tanpa izin.

Pada hari yang sama, polisi melakukan penggerebekan ke lokasi rumah KA. Pada saat dilakukan penggerebekan, pelaku didapati oleh petugas Polri sedang memindahkan isi tabung gas.

Adapun cara pelaku memindahkan isi gas, yaitu tabung gas 12 kg kosong diposisikan di bawah tanah dan diisi es batu di atas tabung.

Kemudian, di atas setiap tabung gas 12 kg diposisikan tabung gas 3 kg dengan disambung pipa kecil melalui mulut tabung dengan posisi tegak lurus yang bertujuan untuk mengalirkan gas.

Setelah isi gas 3 kg di atasnya habis, diganti lagi dengan gas 3 kg yang isinya masih penuh.

"Namun, baru sampai 20 tabung gas 3 kg yang dipindahkan isinya, polisi dari Polres Buleleng datang menggerebek dan mengamankan pelaku beserta tabung gas ke Polres Buleleng," kata Sumarjaya.

Dari penjualan itu, pelaku mendapatkan keuntungan Rp 20.000 setiap tabung.

Dalam kasus itu, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 15 tabung gas ukuran 12 kg, 60 tabung gas ukuran 3 kg, 45 buah segel tabung gas, 45 buah karet pengaman gas, dan 10 batang pipa besi untuk mengoplos gas.

Polisi juga masih melakukan penyelidikan terhadap dugaan adanya keterlibatan pelaku lain dalam kasus ini.

Pelaku kini dijerat pasal 53 huruf B5c Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman 3 tahun penjara.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/01/13/125122378/oplos-elpiji-pria-di-buleleng-bali-raup-keuntungan-rp-20000-per-tabung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke