Salin Artikel

Dokter RSUP Sanglah Denpasar Tangani Kelahiran Bayi Kembar Empat, Begini Ceritanya...

Dokter Spesialis Konsultan Fetomaternal RSUP Sanglah Denpasar I Wayan Artana Putra mengatakan, keempat bayi tersebut lahir dengan selamat pada Jumat (21/1/2022) sekitar pukul 13.00 Wita.

"Ya (lahir dengan selamat), dan secara umum (kondisi bayi) masih bagus," kata Artana saat dihubungi, Minggu (23/1/2022).

Artana menyebut, pasangan suami-istri keempat bayi tersebut awalnya mengikuti program inseminasi.

"Jadi spermanya diambil kemudian dimasukkan ke dalam rahim dan itu akan bergerak ke sel telur," tuturnya.

Namun, program yang diberikan terhadap pasangan suami-istri tersebut membuat sang istri hamil kembar empat.

Berdasarkan pemeriksaan awal kehamilan, Artana memang merencanakan operasi kelahiran bayi tersebut saat kandungan berumur 34 minggu.

Kemudian, pada Jumat (21/1/2022), ibu dari empat bayi kembar itu sudah mengalami pecah ketuban sehingga segera dilakukan operasi caesar.

"Jadi kalau sudah pecah ketuban itu persalinan tidak bisa ditunda terlalu lama lagi, apalagi bayi kembar empat gini. Jadi kita putuskan untuk operasi caesar," kata dia.

Ia mengaku sudah memprediksi bayi tersebut akan lahir prematur. Atas dasar itu, keempat bayi tersebut sudah mendapatkan pematangan paru terlebih dahulu.

"Jadi kita sudah pematangan paru janin, karena normalnya paru janin bayi itu matang setelah di atas 34 minggu," tuturnya.

Secara umum, lanjut Artana, kondisi ibu sangat baik saat menjalani operasi. Sang ibu juga tidak mengalami komplikasi saat dan setelah operasi.


Sedangkan, kondisi bayi juga disebut bagus. Bayi pertama yang berjenis kelamin laki-laki lahir dengan berat 1.470 gram.

Sedangkan bayi kedua, ketiga, dan keempat yang semuanya berjenis kelamin perempuan memiliki berat rata-rata 1.500 hingga 1.400 gram.

Kendati begitu, ia mengatakan untuk bayi ketiga dan keempat sedikit mengalami sesak napas. Keduanya kini ditempatkan di rubah khusus untuk diberi alat bantu pernapasan.

Sedangkan, bayi pertama dan kedua nafasnya cukup bagus. Oleh sebab itu, keduanya saat ini berada di ruang NICU (neonatal intensive care unit) untuk dilakukan observasi oleh tim dokter RSUP Sanglah.

Artana mengungkapkan, kasus bayi kembar empat di RSUP Sanglah Denpasar merupakan yang pertama kali terjadi. Ia pun turut bahagia keempat bayi tersebut bisa lahir dengan selamat.

"Ini baru pertama kita menangani kelahiran kembar empat. mungkin kalau kembar tiga pernah, dan kembar empat belum pernah," jelasnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/01/23/135624078/dokter-rsup-sanglah-denpasar-tangani-kelahiran-bayi-kembar-empat-begini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke