Salin Artikel

Tanah Lot: Sejarah, Harga Tiket Masuk, dan Daya Tarik hingga Terkenal

KOMPAS.com - Tanah Lot terletak di sisi pantai pedesaan Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

Pura Tanah Lot terletak 11 km di sebelah selatan Kota Tabanan dan 30 km di sisi barat Kota Denpasar.

Tanah lot berasal dari dua kata, yaitu Tanah yang ditafsirkan sebagai karang tampak, seperti gili atau pulau. Lot atau kata lod berarti pulau kecil yang mengambang di laut.

Lokasi tanah lot saat ini telah digunakan pada periode Megalitik sebagai tempat suci, terbukti dengan adanya menhir.

Berdasarkan kondisi lingkungan, struktur Pura Tanah Lot dibangun di dataran karang teratur yang sudutnya hanya terdiri dari satu halaman polos sebagai jeroan.

Tanah Lot Terkenal karena Sunset

Candi dibangun di atas batu dengan ukuran 3 hektar. Kawasan ini dapat dijangkau dengan berjalan kaki karena hanya terletak 20 meter dari bibir pantai.

Candi ini sangat terkenal sebagai tempat wisata karena memiliki pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Di beberapa sudut terumbu karang di sekitar Pura Tanah Lot terdapat ular jinak yang dipercaya sebagai makhluk yang dikeramatkan dan disucikan.

Menurut masyarakat setempat, ular berwarna hitam dan putih tersebut dipercaya sebagai panjaga candi dari pengaruh buruk dan benda milik dewa.

Pura dibangun oleh Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali tentang ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan.

Seperti pura-pura di tempat lain, Odalan atau hari raya di pura di peringati setiap 210 hari sekali. Waktunya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan, yaitu pada Hari Suci Buddha Cemeng Langkir.

Saat itu, orang yang akan bersembahyang akan ramai datang ke pura ini.

Sejarah Candi Tanah Lot

Candi Tanah Lot sebagai dang Kahyangan (kuil suci besar di Bali), karena sejarah dan Penyiwi (orang-orang yang merawat candi) adalah orang-orang lokal dari Kabupaten Tabanan dan sekitarnya.

Candi Pura Tanah Lot sebagai Segara karena berfungsi sebagai tempat suci untuk menyembuhkan Segara Bhatara, Tuhan dengan manifestasi sebagai Dewa Daya Laut.

Hewan yang daerah di sekitar candi adalah ular yang dapat ditemui di pantai. Bagian perut ular tidak ada kulit melintang. Ular laut ini sangat berbahaya tetapi tidak ada kasus tergigit ular. Karena, ular laut umumnya sangat pasif.

1. Tiket wisatawan domestik

Untuk pengunjung anak-anak, harga tiket dibanderol Rp 15.000 per orang. Sedangkan, harga tiket untuk pengunjung dewasa sebesar Rp 20.000 per orang.

2. Tiket wisatawan asing

Harga tiket masuk untuk anak-anak sebesar Rp 30.000 dan harga tiket untuk pengunjung dewasa Rp 60.000

Sumber: candi.perpusnas.go.id dan travel.tribunnews.com

https://denpasar.kompas.com/read/2022/02/02/175643278/tanah-lot-sejarah-harga-tiket-masuk-dan-daya-tarik-hingga-terkenal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke