Salin Artikel

Penjelasan Batik Air soal Pergantian Pesawat Rute Jakarta-Bali yang Picu Keterlambatan Penerbangan

BALI, KOMPAS.com - Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6518 rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta menuju Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali mengalami keterlambatan pada Kamis (3/2/2022).

Pesawat dengan enam awak serta 158 penumpang tersebut terlambat terbang usai alat pemasok daya kelistrikan yang di darat atau ground power unit mengalami penurunan daya.

"Pesawat harus dilakukan pengecekan kembali, dikarenakan secara tiba-tiba alat pemasok daya kelistrikan yang di darat (ground power unit) mengalami penurunan daya, sehingga menyebabkan sistem pendingin udara dalam kabin berkurang (menurun)," kata Corporate Communications Strategic Batik Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Jumat (4/2/2022).

Danang menjelaskan, penerbangan dengan nomor ID-6518 awalnya dijadwalkan berangkat pada 16.30 WIB dengan mengoperasikan jenis pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUU.

Pesawat udara telah menjalani pemeriksaan dan pengecekan sebelum keberangkatan atau pre-flight check dan dinyatakan aman dioperasikan.

Selanjutnya, kata Danang, seluruh proses penanganan penumpang telah dijalankan sesuai prosedur. Setelah seluruh penumpang masuk ke pesawat udara, penerbangan ID-6518 mengalami penundaan keberangkatan.

Alasannya, pesawat harus dilakukan pengecekan kembali dikarenakan secara tiba-tiba alat pemasok daya kelistrikan yang di darat mengalami penurunan daya.

Ground power unit atau GPU merupakan salah satu peralatan pendukung di luar pesawat, termasuk peralatan penunjang pelayanan darat atau GSE (Ground Support Equipment), sebagai alat bantu yang dipersiapkan untuk keperluan pesawat udara.

"Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik agar memenuhi standar kenyamanan dan keselamatan penerbangan, Batik Air memutuskan untuk mengganti pesawat udara yang sudah berada di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, yaitu Airbus 320-200 registrasi PK-LUV," tuturnya.

Usai disepakati akan mengganti pesawat, seluruh penumpang kemudian diarahkan menuju kembali ke ruang tunggu guna menunggu proses penggantian pesawat udara. Akibat penggantian tersebut terjadi keterlambatan keberangkatan.

Danang meminta maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan tersebut. Ia memastikan, penerbangan ID-6518 mengudara pada 18.42 WIB dan tiba di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai pukul 19.11 Wita.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/02/04/145249278/penjelasan-batik-air-soal-pergantian-pesawat-rute-jakarta-bali-yang-picu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke