Salin Artikel

Cerita Turis Jepang Senang Jalani Karantina di Bali, Bisa Berwisata di Lingkungan Hotel

Selama dikarantina, Makabe diizinkan berwisata di lingkungan hotel dan menggunakan fasilitas khusus di hotel tersebut.

Makabe merupakan salah satu peserta familiarization (fam) trip asal Jepang yang mendarat di Bali pada 3 Februari. Ia telah menjalani karantina selama empat hari dalam program warming up vacation. Program itu bertujuan mempromosikan wisata aman di Bali saat pandemi.

"Saya sangat senang diperbolehkan berwisata di lingkungan hotel dan menggunakan fasilitas khusus yang ada di hotel," kata Makabe dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (9/2/2022).

Menurutnya, fasilitas wisata untuk wisatawan yang menjalani karantina itu merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki Bali.

Makabe memberi masukan agar pemerintah lebih gencar menyosialisasikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi ke negara sahabat. Sehingga, ketika wisatawan asing datang, mereka tidak kebingungan.

"Agar pemerintah Indonesia mempublikasikan terkait aplikasi PeduliLindungi ke negara-negara luar, sehingga ketika wisatawan datang mereka sudah mengetahui bahwa wisatawan harus mengisi hal tersebut jadi tidak kebingungan," katanya.

Menurutnya, pelayanan dan fasilitas yang tersedia di Bali sangat baik.

"Saya akan mempromosikan Bali di jepang sehingga wisatawan mau berkunjung ke Bali”, tutupnya.


Sementara itu, Koordinator Bidang Pemasaran Area 2 Kemenparekraf RI Utari Widyastuti menjelaskan, program warming up vacation berbeda dengan karantina.

Salah satu perbedaannya adalah pelayanan hotel. Peserta perjalanan luar negeri atau PPLN tidak dibatasi hanya boleh tinggal di kamar saja. Namun, bisa lebih leluasa beraktivitas di sekitar hotel.

“Dan para peserta telah melakukan karantina selama empat hari di hotel. Diharapkan program ini dapat menjadi masukan positif bagi kebangkitan ekonomi Bali,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan, masukan teknis terkait aplikasi PeduliLindungi akan dikoordinasikan dengan pemerintah pusat. Pihaknya mengaku akan terus berbenah diri.

"Sehingga wisatawan nyaman berkunjung ke Bali dan Bali bisa bangkit kembali," kata dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/02/09/183013878/cerita-turis-jepang-senang-jalani-karantina-di-bali-bisa-berwisata-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke