Salin Artikel

Plafon Ruang Kelas SDN 3 Sobangan Jebol, Ini Kata Disdikpora Badung

Kondisi ini cukup membahayakan siswa jika pembelajaran tatap muka (PTM) kembali dibuka.

Tampak bagian plafon yang terbuat dari anyaman bambu itu sudah ada yang ambruk. Jika tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan bagian lainnya akan merembet ambruk.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SDN 3 Sobangan, I Gusti Nyoman Suparta mengatakan, ambruknya plafon sekolah kali pertama diinformasikan oleh seorang guru. Kejadian tersebut terjadi saat hujan mengguyur daerah Sobangan.

“Secara pasti saya belum mengetahui kapan waktu tepatnya, kebetulan saya tidak berada di lokasi. Juga penyebab ambruknya plafon masih belum diketahui,” ujar Suparta saat dikonfirmasi, Selasa (15/2/2022).

Kerusakan itu terjadi di tiga ruang kelas. Pihaknya khawatir jika nanti ruangan yang rusak itu digunakan saat proses belajar mengajar.

“Tiga ruang kelas yang plafonnya ambruk itu ada di kelas I, II, dan III,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung I Gusti Made Dwipayana mengatakan, pihaknya akan mengecek kerusakan itu.

Sehingga, disdikpora bisa mengetahui secara pasti penyebab kejadian dan berapa biaya perbaikan yang dibutuhkan.

“Saya sudah mendapat laporan bahwa ada ruangan kelas yang plafonnya jatuh. Kami intruksikan untuk sementara ruangan tersebut untuk tidak digunakan. Kami akan lakukan peninjauan lebih lanjut,” katanya.

Dwipayana memastikan ruangan kelas yang rusak itu akan diperbaiki. Namun, perbaikan itu akan menunggu APBD perubahan Kabupaten Badung.

“Sebenarnya dalam pemeliharaan sekolah bersumber dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) namun jumlahnya kecil. Apalagi kalau dilihat dari kerusakan tersebut termasuk lumayan berat. Sehingga kami harus usulkan pada anggaran perubahan,” jelasnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/02/15/121220278/plafon-ruang-kelas-sdn-3-sobangan-jebol-ini-kata-disdikpora-badung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke