Salin Artikel

Kasus Covid-19 Varian Omicron Lampaui Delta, Kapolri Minta Warga Waspada

Menurutnya, gelombang ketiga pandemi Covid-19 akibat varian Omicron sudah melewati puncak varian Delta yang terjadi pada pertengahan tahun 2021 lalu.

"Varian Omicron saat ini sudah meningkat jauh di atas varian Delta, jadi angkanya sudah di atas puncak tertinggi varian Delta pada saat itu. Sehingga tentunya, kita harus melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka menghadapi varian (Omicron) tersebut," kata Sigit saat memantau akselerasi vaksinasi Covid-19 di Discovery Mall, Kuta, Bali, Rabu (16/2/2022).

Sigit menjelaskan, sejumlah langkah strategis harus segera diambil untuk menekan laju sebaran Covid-19 yang terus meningkat.

Langkah itu di antaranya adalah program vaksinasi bagi yang belum melakukan vaksinasi.

Sementara, bagi masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua dan sudah melewati 6 bulan, ia mengimbau untuk segera melakukan vaksinasi booster.

"Ini semua kita lakukan untuk meningkatkan imunitas, dan khusus bagi masyarakat usia lansia yang memang rentan apalagi yang belum vaksin dan juga komorbid ini juga menjadi perhatian kita," kata dia.

Ia sudah memerintahkan seluruh jajarannya untuk memantau langsung program vaksinasi Covid-19.

Termasuk juga terkait dengan kesiapan rumah sakit jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan kasus.

"Kita juga lakukan penegakan terhadap kesiapan rumah sakit khususnya ruang ruang ICU, sehingga pada saat ada masyarakat yang dirawat, masyarakat tersebut bisa sembuh," tuturnya.

"Kemudian juga tempat isoter. Ini untuk merawat masyarakat yang mengalami gejala ringan yang rumahnya tidak memenuhi syarat untuk melaksanakan isolasi mandiri. Maka lebih baik di geser ke Isoter," lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Sigit menekankan pentingnya protokol kesehatan. Khususnya mengenakan masker untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Kegiatan masyarakat disesuaikan dengan perkembangan varian yang ada di wilayah masing-masing. Namun kita ingin tetap menjaga di satu sisi agar aktivitas masyarakat, kegiatan yang berkontribusi dalam hal pertumbuhan ekonomi bisa terus terjaga," pungkasnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/02/16/141845978/kasus-covid-19-varian-omicron-lampaui-delta-kapolri-minta-warga-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke