Salin Artikel

KSAL Siap Amankan Perairan Bali dan Lombok Jelang MotoGP Mandalika

KSAL Yudo Margono masih menunggu perintah dari Panglima TNI terkait pengamanan khusus saat gelaran MotoGP.

Yudo menegaskan, TNI AL siap melakukan pengamanan laut maupun obyek vital negara jika dibutuhkan.

"Tentunya kalau ada permintaan dari pihak penyelenggara MotoGP ke TNI, Panglima TNI akan memerintahkan Panglima TNI AL untuk melaksanakan pengamanan, kami akan siap," kata Yudo, saat meninjau program Indonesian Naval Aquagriculture Programme (INAP) di Buleleng, Provinsi Bali, Selasa (22/2/2022) sore.

Yudo menambahkan, TNI AL sudah melakukan pengamanan alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) secara rutin. Pengamanan itu juga dilakukan di wilayah Selat Bali dan Selat Lombok.

"Di situ juga digelar operasi keamanan laut setiap saat. Kami akan geser unsur gelar yang sudah melaksanakan operasi sehari-hari di ALKI tersebut," sambungnya.

Yudo menjelaskan, TNI AL akan membentuk satuan tugas di darat maupun laut yang akan memantau dan berkoordinasi dalam proses pengamanan.

Pihaknya juga akan menerjunkan kapal laut yang biasa melakukan operasi untuk pengamanan.

"Cukup dengan kapal laut karena lingkupnya Selat Bali dan Selat Lombok," tambahnya.

Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi segala ancaman saat pagelaran balapan internasional MotoGP di Sirkuit Mandalika, khususnya di wilayah perairan.

"Tentunya antisipasi dari tindakan yang berpotensi mengganggu jalannya MotoGP, karena kami TNI AL, tentunya (ancaman) yang dari laut akan kami antisipasi," jelas dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/02/22/194430978/ksal-siap-amankan-perairan-bali-dan-lombok-jelang-motogp-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke