Salin Artikel

Pemkab Badung Gratiskan Tes Antigen bagi Peserta Pawai Ogoh-ogoh

"Saya tegaskan untuk pelaksanaan swab antigen nanti, sudah jelas masyarakat dan Sekeha Teruna Teruni (kelompok pemuda) kami di Badung tidak akan dikenai biaya apapun dan akan kami siapkan semua dari anggaran dan sarana prasarana yang kami miliki," ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dikutip dari Antara, Jumat (25/2/2022).

Untuk itu, ia meminta setiap kelompok pemuda agar  memberikan data, berapa orang yang akan mengarak ogoh-ogoh serta titik lokasinya untuk dapat ditentukan sebaran tim tes usap antigen yang akan turun ke lapangan.

"Pada prinsipnya kami siap untuk melayani masyarakat untuk swab antigen dan saya juga sudah memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Badung untuk membuat polanya dan menurunkan timnya," katanya.

Suiasa menjelaskan hingga saat ini, kelompok pemuda yang terdata akan melaksanakan pengarakan ogoh-ogoh 167 kelompok.

Menurutnya, jumlah itu masih mungkin bertambah sehingga batas pelaporan untuk STT yang akan mengarak ogoh-ogoh untuk mendapatkan pelayanan tes usap antigen gratis masih dibuka hingga tanggal 27 Februari mendatang.

"Nantinya untuk waktu pengarakan ogoh-ogoh itu dibatasi hanya sampai 20.00 Wita, sedangkan untuk kelompok yang tidak membuat ogoh-ogoh tetapi mereka membuat pertunjukan seni kreativitas disepakati diberikan batas waktu hingga pukul 21.00 Wita," ungkapnya.

Ia menambahkan, rangkaian pelaksanaan perayaan Hari Raya Nyepi juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena berlangsung pada masa pandemi COVID-19.

Menurut Suiasa, aturan-aturan dari pusat harus tetap dijalankan khususnya aturan PPKM Level 3 namun tidak mengurangi dan menghilangkan hakikat dari nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan dalam rangka pelaksanaan Hari Raya Nyepi ini.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/02/25/183959078/pemkab-badung-gratiskan-tes-antigen-bagi-peserta-pawai-ogoh-ogoh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke