Salin Artikel

Soal Pekerja Migran Asal Bali Terkatung-katung di Turki, Koster: Mereka Akan Dipulangkan

Menurut Koster, sejumlah pekerja migran asal Buleleng itu telah ditangani Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Turki. Mereka akan dipulangkan ke Indonesia.

"Warga Bali yang (terkatung-katung) di Turki itu ada 29 orang. Sekarang ini, sudah ditangani oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di sana, akan difasilitasi untuk pemulangannya," kata Koster di Nusa Dua Bali, Senin (14/3/2022).

Koster menyebut, KBRI akan meneruskan informasi kepada pemerintah Indonesia dan Pemerintah Turki terkait insiden puluhan warga Bali yang diduga menjadi korban penipuan itu.

Pelaku yang diduga menjanjikan pekerjaan bagi warga Bali yang kemudian telantar di Turki itu juga akan diusut untuk menghindari hal serupa terjadi.

"Ada pelaku yang melanggar hukum. Jadi di dalamnya juga ada orang Bali yang suaminya apa istrinya itu dari Turki. Jadi ini yang memberangkatkan dan itu menyalahi prosedur. Tapi yang jelas ini masalah sudah ditangani oleh KBRI, sudah aman. Jadi mereka akan dipulangkan," kata Koster.

"Untuk di Bali yang melakukan pelanggaran ini akan saya proses secara hukum dan perlu dilakukan tindakan tegas," lanjutnya.

Sebelumnya, puluhan pekerja migran asal Bali diberangkatkan ke Turki oleh agen untuk tujuan mendapatkan pekerjaan. Mereka tiba pada 10 Desember 2021.

Namun, mereka diberangkatkan menggunakan visa liburan, bukan visa kerja. Sesampainya di Turki, para PMI tidak langsung mendapatkan pekerjaan seperti yang dijanjikan agen.

Sebagian besar mereka bahkan berusaha mencari pekerjaan sendiri. Tak hanya itu, puluhan PMI ini juga ditempatkan di sebuah losmen yang ukurannya sangat sempit dan jauh dari kata layak.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/03/14/164358978/soal-pekerja-migran-asal-bali-terkatung-katung-di-turki-koster-mereka-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke