Salin Artikel

Koster: Bali Kedatangan 500 PPLN Per Hari sejak Bebas Karantina

BALI, KOMPAS.com - Kedatangan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di pintu kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali terus meningkat usai pemberlakuan tanpa karantina dan penerapan Visa on Arrival (VoA).

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, jumlah kunjungan PPLN yang datang ke Bali rata-rata mencapai 500 orang dalam sehari.

"Rata-rata itu per hari datangnya 500 pelaku perjalanan luar negeri," kata Koster di Nusa Dua Bali, Senin (14/3/2022).

Koster menjelaskan, sejak pintu kedatangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai dibuka pada 3 Februari 2022 lalu, sudah ada sekitar 4.600 PPLN yang berkunjung ke Bali. Terdiri dari sekitar 1.000 WNI dan 3.600 WNA.

Sementara itu, dari PPLN yang berkunjung ke Bali, sebanyak 20 orang di antaranya positif Covid-19. Mereka yang positif Covid-19 itu terdiri dari 17 WNA dan 3 WNI.

Kondisi 20 orang yang positif Covid-19 itu, lanjut Koster, dalam kondisi baik karena masuk dalam katagori orang tanpa gejala (OTG).

"Jadi dalam kondisi yang sehat, setelah hari keempat mereka sudah bisa melanjutkan perjalanan kalau ada yang mau ke luar negeri," kata dia.

Kendati masih ditemukan PPLN yang positif Covid-19, Koster yakin kedatangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai akan terus bertambah. Apalagi, saat ini sudah ada setidaknya tujuh maskapai dengan delapan rute penerbangan internasional.

"Maskapai ada tujuh dan delapan rute penerbangan. Sekarang, nambah lagi dan hari ini Jetstar Australia datang membawa penumpang 290 dan 30 wartawan di dalamnya yang akan saya jamu nanti malam di Jayasabha (rumah dinas Gubernur)," jelasnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/03/14/180332878/koster-bali-kedatangan-500-ppln-per-hari-sejak-bebas-karantina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke