Salin Artikel

MotoGP di Sirkuit Mandalika Berakhir, Arus Penyeberangan Lombok-Bali Mulai Padat

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol Made Suadnyana mengatakan, sebagian besar penumpang adalah penonton balapan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB.

"Dari kemarin sudah mulai macet. Mungkin penumpang dari Pelabuhan Lembar membeludak. Kalau di sini (Pelabuhan Padangbai) enggak macet karena (kapal) tinggal sandar langsung balik," kata Suadnyana saat dihubungi, Senin (21/3/2022).

Ia mengatakan, jumlah penumpang yang tercatat menyeberang dari Pelabuhan Lembar menuju Pelabuhan Padangbai mencapai 1.367 orang pada Minggu.

Selain itu, ada 508 unit motor, 199 unit mobil, 157 unit truk, dan tujuh bus. Penumpang dan pelat kendaraan didominasi dari Jawa-Bali dan Makassar.

Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang, setiap kapal diberikan kesempatan untuk bersandar sekitar 30 menit di Pelabuhan Padangbai.

Suadyana mengatakan, ada 16 kapal yang beroperasi dengan rute Pelabuhan Padangbai-Lembar.

Ia memprediksi puncak kepadatan arus kendaraan terjadi pada malam ini dan akan berakhir pada Rabu (30/3/2022).

"Kemarin puncak arus kedatangan mencapai 3.000 orang, saya kira arus balik masih sama sekitar 3.000 orang," ujarnya.

Ia mengeklaim, arus penyebrangan berlangsung aman dan tertib. Pihak kepolisian tidak menemukan adanya pelanggar lalu lintas ataupun ancaman tindak kejahatan.

"Situasi penyeberangan aman terkendali, tidak ada kasus pidana yang kami terima atau pelanggaran lain tidak ada. Lancar," jelasnya.

Sebelumnya, Pertamina Grand Prix of Indonesia digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18-20 Maret 2022. Dalam seri MotoGP di Indonesia itu, pebalap KTM Miguel Oliveira keluar sebagai juara.

Sementara itu, pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menempati posisi kedua dan pebalap Pramac Racing Johann Zarco di tempat ketiga.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/03/21/150550678/motogp-di-sirkuit-mandalika-berakhir-arus-penyeberangan-lombok-bali-mulai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke