Salin Artikel

Dapat Penghargaan Usai Robek Seragam TNI demi Bantu Korban Kecelakaan, Sertu Suparto: Sebenarnya Tak Mengharap Apa Pun

Anggota TNI tersebut akhirnya mendapat penghargaan berupa Patung Praja Raksaka dan piagam oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto.

Meski merasa bangga, Babinsa asal Jember Jawa Timur itu mengaku tidak pernah mengharap apa pun dari tindakannya tersebut.

"Sebenarnya saya tidak mengharapkan apa pun, sebab yang kami lakukan itu sudah menjadi kewajiban kami sebagai anggota TNI AD yang didasari dengan rasa kemanusiaan,” kata Suparto, Senin (21/3/2022).

Dia juga menegaskan tidak memiliki niat untuk merobek seragam. Aksinya hanya spontanitas belaka.

"Sebenarnya kami tidak mau untuk merobek baju kami, tapi apa boleh buat, apa yang kami gunakan ini semua dari rakyat, jadi kami relakan dan kembalikan untuk rakyat, terlebih pada situasi seperti saat itu," ujar Suparto.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto mengapresiasi hingga mengundang Suparto. Pangdam juga menyerahkan penghargaan pada anggota TNI tersebut.

Sebab menurutnya, aksi Suparto ialah murni masalah kemanusiaan dan bukan pencitraan.

"Pada kesempatan yang baik ini, sengaja saya mengundang dan menerima Sertu Suparto untuk memberikan apresiasi kepada Sertu Suparto atas tindakan yang dilakukannya untuk membantu warga," kata Sonny.

"Hal ini bukan pencitraan yang direkayasa, tapi ini murni panggilan tugas yang wajib dilaksanakan oleh setiap prajurit," lanjut dia.


Sonny menilai, tindakan Sertu Suparto adalah salah satu kewajiban sebagai Anggota TNI AD yang memegang teguh Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

Dia menyebutkan salah satu butirnya, yakni anggota harus menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

"Dengan apresiasi ini, saya berharap agar ini dijadikan motivasi untuk seluruh prajurit Kodam IX/Udayana lainnya, untuk selalu berbuat yang sama dalam membantu masyarakat sekelilingnya," ujar Sonny.

Aksi robek seragam

Sebelumnya, Sertu Suparto melakukan tindakan heroik merobek seragam TNI yang dia kenakan untuk membalut luka korban kecelakaan, Jumat (18/3/2022).

Tabrakan itu melibatkan dua motor yang dikendarai oleh I Nengah Sukarsa (49) dan motor lainnya dikemudikan oleh Ni Ketut Rusmini (53).

Kecelakaan terjadi di depan Koramil 61/10 Klungkung, Bali.

Rusmini terjatuh usai menabrak motor I Nengah Sukarsa yang berbelok tiba-tiba.

Melihat hal tersebut, secara spontan Sertu Suparto merobek seragam untuk membalut luka Rusmini.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Bali, Ach. Fawaidi | Editor: Andi Hartik, Pythag Kurniati)

https://denpasar.kompas.com/read/2022/03/22/115211478/dapat-penghargaan-usai-robek-seragam-tni-demi-bantu-korban-kecelakaan-sertu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke