Salin Artikel

Raih Gelar Sarjana di Usia 75 Tahun, Putu Budarsa: Belajar Itu Tak Terbatas

Di usia senjanya, Budarsa tetap bersemangat menimba ilmu.

Budarsa merupakan salah satu wisudawan dari 152 sarjana yang diwisuda Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja, Rabu (23/3/2022).

Diwisuda di usia 75 tahun

Pria kelahiran 1947 ini, berhasil meraih gelar sarjana program studi Hukum Hindu di usia 75 tahun. Dia menyelesaikan studinya selama empat tahun.

Meskipun dalam kondisi sakit, Budarsa tetap bersemangat menghadiri momen wisuda. Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Gede Suwindiadari, memindahkan tali toga Budarsa yang duduk di atas kursi roda.

Budarsa mendaftar menjadi mahasiswa pada tahun 2017 lalu. Dia menuntaskan studinya hingga ujian skripsi pada Desember 2021.

Selama masa kuliah, Budarsa juga mengikuti program KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Madenan, Kecamatan Tejakula, dan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di Yogyakarta.

Dia mengaku bersemangat mengenyam pendidikan di usia senja untuk menambah pengetahuan. Baginya, tidak ada kata terlambat untuk terus belajar.

"Untuk menuntut ilmu tidak ada batasan umur, bisa saja anak muda dan orang tua. Belajar itu tak terbatas," kata Budarsa saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/3/2022).


Meski usianya sudah tak lagi muda, Budarsa tetap disiplin dalam kuliah.

"Ini yang memotivasi saya untuk kuliah selama empat tahun dan jarang absen. Karena menjadi mahasiswa, ya tugasnya adalah belajar," sambungnya.

Berencana lanjut ke S2

Budarsa sengaja memilih program studi hukum adat Hindu. Ini tak lepas dari kesibukannya mengurus persoalan desa adat di Buleleng.

Terlebih alumnus Pendidikan Agama (PGA) Hindu tahun 1970 ini, kini menjabat sebagai Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Buleleng.

Budarsa sudah hampir 40 tahun berkecimpung di desa adat sejak mengemban tugas sebagai Kelian Desa Adat. Kemudian tahun 2004 dia menjadi pengurus Majelis Madya Desa Pakraman.

"Ini yang mendorong saya untuk belajar Hukum Hindu. Sebagai bekal menghadapi masalah di lapangan terutama yang berkaitan dengan hukum adat," katanya.

Budarsa pun mengaku ingin melanjutkan studi ke jenjang berikutnya.

"Astungkara jika saya masih diberikan kesehatan dan umur panjang, saya berencana melanjutkan studi ke jenjang S2," harapnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/03/24/125911778/raih-gelar-sarjana-di-usia-75-tahun-putu-budarsa-belajar-itu-tak-terbatas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke