Salin Artikel

Wakil Dubes Inggris Sebut Invasi Rusia ke Ukraina Berefek ke G20 di Bali

Hal ini dikarenakan beberapa negara anggota G20 mendesak Indonesia untuk tidak mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin hadir di forum tersebut.

"Rusia tidak memudahkan presidensi G20 Indonesia kali ini, dengan menyerang tetangganya sendiri, sebuah negara yang berdaulat, dengan melanggar peraturan Internasional," kata Rob Fenn saat ditemui di Denpasar, Bali, pada Selasa (29/3/2022).

Rob Fenn berharap serangan Rusia ke Ukraina segera berakhir, sehingga tidak mempersulit Indonesia untuk mengundang negara anggota G20.

"Tapi masih ada waktu dari sekarang sampai summit nanti, mudah-mudahan sudah berhenti (Rusia menginvasi Ukraina) dan lebih cepat lebih baik menghentikan serangannya ke Ukraina," katanya.

PM Inggris belum tentu hadir 

Rob Fenn juga belum bisa memastikan apakah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bakal hadir apabila Indonesia mengizinkan Putin hadir dalam forum tersebut.

Baginya yang utama adalah Putin segera melunak sehingga mempermudah Boris hadir pada G20 mendatang.

"Kalau Rusia menghentikan serangan ke Ukraina itu akan mempermudah pelaksanaan presidensi dan mempermudah Inggris untuk hadir di G20," kata dia.


Dalam kesempatan tersebut Rob Fenn juga memuji sikap Indonesia karena ikut mengecam invasi Rusia ke Ukraina.

"Selain inggris, ada Indonesia dan 141 negara yang sudah voting di UN mengecam invasi Rusia ke Ukraina," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Rusia Vladimir Putin berencana menghadiri KTT G20 akhir tahun ini di Indonesia. Ini disampaikan utusan Moskwa pada Rabu (23/3/2022), dilansir AFP.

Rencana Putin untuk ikut terlibat dalam forum Ekonomi ini mendapat mendapat penolakan dari berbagai negara.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/03/29/204751678/wakil-dubes-inggris-sebut-invasi-rusia-ke-ukraina-berefek-ke-g20-di-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke