Salin Artikel

Tak Punya Uang dan Ditinggal Suami di Bali, Wanita Asal Rusia dan Anaknya Dideportasi

Sebelumya, ibu dan anak ini menunggu kepulangan suaminya, SN, yang pergi ke Malaysia untuk mengurus perpanjangan visa izin tinggal.

Ternyata suaminya itu sudah pulang ke negara asalnya dan memutus komunikasi dengan istri dan putrinya. Sehingga, ibu dan balitanya ini menyalahi izin tinggal di Bali selama 225 hari.

"Kepada ibu dan anak tersebut kami lakukan pendeportasian berdasarkan Pasal 78 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang keimigrasian," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Bali Jamaruli Manihuruk dalam keterangan rilis, Senin (11/4/2022).

Ia menjelaskan, awalnya SN dan LN bersama anak mereka, VN, tiba di Bali pada 24 Juli 2019. Mereka tinggal di sebuah guest house di Kelurahan Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Pada Desember 2021, SN memutuskan pergi bekerja ke Malaysia meninggalkan istri dan anaknya di Bali.

"Izin tinggal LN sudah kedaluwarsa sejak Agustus 2019, namun ia selalu diyakinkan suaminya bahwa segala urusan visa akan dibereskan olehnya dan akan baik-baik saja," katanya.

Setelah sekian lama ditunggu, janji dari suaminya itu tak pernah terwujud. Malah suaminya pulang sendiri ke negara asalnya. Sedangkan mereka tidak bisa pulang karena tak punya uang.

"Setelah keuangan yang semakin menipis akhirnya pada 4 April 2022 LN melaporkan dirinya dan anaknya ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ngurah Rai," kata Jamaruli.

Jamaruli mengatakan, saat memeriksa dokumen keimigrasian LN diketahui mereka telah overstay selama 225 hari di Bali.


Saat itu juga petugas melakukan tindakan administratif keimigrasian berupa pendetensian untuk dideportasi.

Namun, karena belum memiliki biaya untuk pembelian tiket kepulangannya, LN dan balitanya kemudian dititipkan di ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar sembari menunggu proses deportasi.

Setelah enam hari berada di Rudemin Denpasar, akhirnya ibu dan anak ini bisa dipulangkan ke negara asal pada Minggu (10/4/2022). Biaya kepulangan mereka ditanggung oleh WN Rusia yang ada di Bali.

Mereka diberangkatkan menggunakan pesawat Turkish Airlines TK67-TK417 dengan tujuan Denpasar-Istanbul–Moscow pada pukul 21.49 WITA.

"LN yang telah dideportasi akan dimasukkan dalam daftar usulan penangkalan ke Direktorat Jenderal Imigrasi dan dilarang masuk ke Indonesia kembali selama enam bulan ke depan” tutup Jamaruli.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/04/11/154457478/tak-punya-uang-dan-ditinggal-suami-di-bali-wanita-asal-rusia-dan-anaknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke