Salin Artikel

KTT G20 di Bali, Puri Agung Karangasem Disiapkan Jadi Tempat yang Dikunjungi Delegasi

Seperti yang diketahui, Bali menjadi tuan rumah KTT G20 2022 yang rencananya digelar pada November.

Kawasan bersejarah peninggalan Kerajaan Karangasem ini, telah disurvei Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) RI dan panitia penyelenggara G20.

"Sudah didatangi tim survei dari Setneg dan panitia G20 ke sini (Puri Agung Karangasem)," kata Manggala Puri Agung Karangasem, Anak Agung Bagus Partha Wijaya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (19/4/2022).

Pihaknya mengaku belum menerima konfirmasi lebih lanjut terkait kepastian rencana Puri Agung Karangasem menjadi venue kunjungan delegasi G20.

"Baru sebatas survei saja. Kalau hasil evaluasi dinyatakan layak sebagai venue kunjungan, silakan saja. Kami dengan senang hati menyambut," jelasnya.

Kata Partha, pihaknya menjelaskan kepada tim survei penyelenggara G20, mengenai Puri Agung Karangasem serta irisan sejarahnya.

Puri ini didirikan oleh Kerajaan Karangasem dengan Raja Anak Agung Gede Jelantik pada 1896. Pada masa itu, wilayah kekuasaan Kerajaan Karangasem meluas hingga ke Pulau Lombok.

Bangunan Puri Agung Karangasem dijadikan sebagai tempat tinggal raja hingga pusat pemerintahan.

Kerajaan Karangasem saat itu juga membangun Taman Sukasada dan Tirta Gangga yang kini juga jadi obyek wisata bersejarah.

"Kami juga sampaikan sejumlah properti sejarah yang masih kami simpan. Seperti foto-foto raja dan peninggalannya. Selain bangunan yang masih asli," katanya.


Menurutnya, jika Puri Agung Karangasem dipilih menjadi venue kunjungan delegasi akan sekaligus menjadi ajang promosi wisata di Bali Timur.

"Kami dengan senang hati memperkenalkan obyek wisata bersejarah di Bali Timur, khususnya Karangasem. Karena yang lebih dikenal biasanya wisata di Bali Selatan," ujarnya.

Terkait rencana itu, pihaknya pun mulai melakukan penataan. Dari memajang foto-foto besar Raja Karangasem hingga membersihkan properti peninggalan kerajaan.

"Kami hanya mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin jika nanti dipilih. Lebih melengkapi sarana protokol kesehatan. Karena selama pandemi perawatan agak kurang karena kunjungan juga menurun," ungkapnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/04/19/120958678/ktt-g20-di-bali-puri-agung-karangasem-disiapkan-jadi-tempat-yang-dikunjungi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke