Salin Artikel

Viral Video Bule Kesal pada Pedagang Acung di Pantai Kuta, Ini Tanggapan Wagub Bali

DENPASAR, KOMPAS.com - Video seorang bule perempuan yang menumpahkan rasa kesalnya terhadap pedagang acung saat berwisata ke Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali, viral di media sosial.

Bule yang tidak diketahui indentitasnya itu mengaku dilecehkan dan tidak ingin datang lagi ke Bali.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka atau Cok Ace tak menampik terkait keberadaan pedagang acung yang diduga mengganggu para wisatawan.

Dia mengaku telah mendapat laporan terkait wisatawan dari Australia yang dipaksa untuk membeli barang dagangan oleh pedagang acung atau asongan.

"Sudah saya dengar keluhan yang terjadi (turis asal) Australia bahkan ada pemaksaan terhadap wisatawan dari pada penjual-penjual asongan dari sana sudah," kata Cok Ace saat ditemui di Lapangan Renon, Kota Denpasar, Jumat (22/4/2022).

Cok Ace mengatakan, persoalan tersebut akan segara ditangani. Dia sudah meminta aparat desa setempat untuk menertibkan para pedagang acung tersebut.

"Sudah kami koordinasikan dengan Bendesa, mudah-mudahan ada tanggung jawab kita bersama, di masyarakat kita harap memperhatikan bersama," katanya.

Cok Ace menyebut, persoalan ini sebetulnya sudah diantisipasi karena dua tahun terakhir pariwisata Bali sepi dari kunjungan turis asing karena pandemi Covid-19.

"Karena kondisi sosial ini memang sangat rentan sekali dari sebelumnya, dua tahun kita dalam keadaan suffer sekarang begitu ada sedikit wisatawan pasti ada sedikit gerakan (menjajakan dagangan kepada wisatawan) dan itu perlu kita antisipasi," katanya.


Cok Ace pun meminta para pelaku wisata mengawasi keadaan sekitar untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal.

"Pelaku wisata saya harapkan tidak saja mengamankan wilayah kerjanya saja, tapi mari kita sama-sama peduli pada hal-hal yang berpotensi menimbulkan kriminal dan gangguan kepada wisatawan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, petugas Satuan Polisi Pamong Praja BKO Kuta menjaring 28 pengemis yang bermodus menjual tisu di berbagai titik di wilayah Kuta, Badung, Bali, Kamis (21/4/2022).

Para pengemis ini diamankan petugas karena keberadaannya dilaporkan mengganggu wisatawan.

Dalam aksinya, para pengemis ini menawarkan tisu kepada wisatawan. Apabila wisatawan tidak ingin membeli tisu, mereka meminta uang dengan cara memaksa.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/04/22/111935478/viral-video-bule-kesal-pada-pedagang-acung-di-pantai-kuta-ini-tanggapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke