Salin Artikel

Sandiaga soal Video Viral Bule Kesal pada Pedagang Asongan di Kuta: Disayangkan tapi Pastikan Berempati

Sandiaga mengaku sangat menyayangkan kejadian yang menimpa bule tersebut hingga membuatnya merasa tak nyaman berwisata di Pantai Kuta.

Meski demikian, Sandiaga tidak ingin langsung menyalahkan para pedagang di Pantai Kuta.

Dia merasa prihatin dengan kondisi para pedagang yang dua tahun terakhir kehilangan pelanggan karena pandemi Covid-19.

"Video yang beredar itu sangat kami sayangkan tapi pastikan ini juga harus berempati kepada pelaku ekonomi kreatif (pedagang di Pantai Kuta) yang dua tahun ini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan," katanya kepada wartawan di Nusa Dua, Badung, Bali, pada Jumat (22/4/2022).

Menyikapi hal tersebut, Sandiaga mengatakan, berencana menemui para pedagang tersebut untuk membuka dialog sekaligus memberikan pelatihan marketing pada mereka.

"Oleh karena itu, kami akan berdiskusi akan membuka peluang untuk pelatihan cara marketing yang kekinian," katanya.


Penataan ulang

Selain membuka pelatihan pedagang, Sandiaga akan bekerja sama dengan pejabat setempat untuk membuat rencana penataan ulang tempat di sepanjang Pantai Kuta.

Hal ini dilakukan demi meningkatkan ekonomi para pelaku pariwisata setempat sekaligus membuat wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara merasa nyaman berwisata ke Pantai Kuta.

"Kalau ditata dengan baik maka wisatawan malah lebih ingin lebih berbelanja, apalagi display-nya diperbaiki dan produk yang ditawarkan lebih berkualitas. Ini tugas kami akan berkolaborasi dengan pemangku setempat," katanya

"Karena kalau misalnya dikejar-kejar gitu malah wisatawannya tidak nyaman, tidak akan kembali lagi," lanjut Sandiaga.

Sandiaga mengimbau, pelaku pariwisata memberikan pelayanan yang terbaik kepada wisatawan. Sehingga mereka merasa betah dan nyaman berada di Bali.

"Memang dua tahun ini kita berempati keadaan ekonomi sangat berat. Tetapi begitu Bali dibuka kita harus menunjukkan keramahtamahan kita, harus menunjukkan juga bahwa wisatawan itu aman dan nyaman kembali ke Bali," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka atau Cok Ace membenarkan terkait keluhan para wisatawan yang mulai merasa tidak nyaman karena dikerumuni para pedagang di Pantai Kuta.

Sesuai laporan diterima Cok Ace, sejumlah wisatawan kesal karena dipaksa untuk membeli barang dagangan dari pedagang acung tersebut.

"Sudah saya dengar keluhan yang terjadi (turis asal) Australia bahkan ada pemaksaan terhadap wisatawan dari pada penjual-penjual asongan dari sana," kata Cok Ace saat ditemui di Lapangan Renon, Kota Denpasar, Jumat (22/4/2022).

https://denpasar.kompas.com/read/2022/04/22/205246278/sandiaga-soal-video-viral-bule-kesal-pada-pedagang-asongan-di-kuta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke