Salin Artikel

Kapolri Beberkan Strategi Urai Kemacetan Arus Balik di Tol dan Pelabuhan

Arus balik pemudik Lebaran dengan tujuan Jakarta kini sudah mulai terpantau padat pada Kamis (5/5/2022).

"Mulai hari ini sudah terjadi peningkatan di beberapa ruas, khususnya wilayah Jawa Barat yang mengarah ke Jakarta," kata Sigit kepada wartawan di patung Garuda Wisnu Kencana, Desa Unggasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Kamis.

Urai macet jalan tol

Untuk di jalan tol, di antaranya dengan memberlakukan one way dan contra flow.

Fokus pemberlakuan one way dan contra flow akan diterapkan di Tol Kalikangung Semarang, Jawa Tengah, hingga kilometer 70 Gerbang Tol Cikampek, Jakarta.

"Rencana one way yang mungkin kita laksanakan mulai dari Tol Kalikangkung sampai dengan kilometer 70. Kemudian nanti kita akan atur dari kilometer 70 ke kilometer 42 sampai dengan Halim, dengan strategi yang ada, apakah one way atau contra flow," katanya.

Sigit menjelaskan, pemberlakuan contra flow akan diterapkan saat volume kendaraan telah mencapai 5.000 per jam.

Sedangkan, pemberlakuan one way ditetapkan saat volume kendaraan di atas 6.000 ribu per jam.

"Jadi kita memang memiliki indikator-indikator pada saat di jalan tol sudah melebihi 5.000 per jam maka kita akan mulai dengan contra flow, begitu lewat dari 6.000 atau 7.000 maka kita berlakukan one way. Sehingga ini secara periodik akan kita ikuti," katanya.

Sigit mengatakan, rekayasa lalu lintas ini akan disampaikan secara berkala untuk membantu masyarakat selama berada dalam perjalanan.

"Kita akan informasikan kepada masyarakat, kita sosialisasikan sebelumnya sehingga masyarakat kita harapkan bisa mendapatkan info lebih awal dan tidak menunggu pada saat ada rekayasa," katanya.

Persiapan pelabuhan

Sigit menambahkan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan juga telah menambah armada kapal dan dermaga untuk mencegah antrean panjang dan kemacetan kendaraan keluar-masuk di sejumlah pelabuhan.

"Pak Menhub (Budi Karya Sumadi) saya kira sudah mempersiapkan langkah-langkah untuk menambah kapal termasuk juga mempersiapkan tambahan-tambahan dermaga sehingga kita betul-betul bisa mengurai kemacetan yang ada," katanya.

Sama seperti arus mudik sebelumnya, Sigit mengatakan telah menyiapkan sejumlah tempat peristirahatan di sejumlah ruas jalan dan pelabuhan bagi pemudik yang kembali ke daerah tujuan.

"Kemudian rest area di Bakauheni (Lampung) juga tentunya sudah kita persiapkan sehingga masyarakat yang harus mengantre bisa beristirahat di rest area sambil menunggu informasi dari petugas tentang kesiapan kapal dan dermaga, sehingga masyarakat bisa menunggu dengan aman, "kata Sigit.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/05/05/193554078/kapolri-beberkan-strategi-urai-kemacetan-arus-balik-di-tol-dan-pelabuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke