Salin Artikel

Hilang 2 Hari Usai Pamit Cari Pakan Sapi, Pria di Bali Ditemukan Tewas Mengapung di Perairan Nusa Penida

Kasi Humas Polres Klungkung Iptu Agus Widiono mengatakan, korban merupakan warga Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali.

Sebelum ditemukan, korban sempat dilaporkan hilang usai pamit mencari makanan sapi di pinggir Pantai Pelilit, Nusa Penida, pada Jumat (7/5/2022).

"(Korban) hilang pada hari Jumat tanggal 7 Mei 2022 saat korban mencari makanan sapi di kebunnya yang dekat dengan Pantai Pelilit," kata Widiono dalam keterangan rilis, Senin.

Widiono mengatakan, korban pertama kali ditemukan oleh warga yang berada di atas tebing yang melihat sesosok mayat terapung-apung di bibir tebing perairan Pantai Atuh, Nusa Penida.

Penemuan mayat tersebut kemudian di laporkan ke pihak kepolisian dan Basarnas Bali.

"Melihat medan yang sangat ekstrem menuju lokasi, maka upaya evakuasi lewat darat tidak memungkinkan. Oleh karena itu diambil tindakan mengevakuasi korban lewat laut dengan menggunakan tradisional boat (jukung)," katanya.

Selanjutnya, pada pukul 06.00 Wita, petugas gabungan dari Polri, TNI, Basarnas, dan warga setempat kemudian menyisir ke lokasi mayat tersebut terapung.

Para petugas baru tiba di lokasi pada pada pukul 11.00 Wita.

Kemudian, petugas mengevakuasi korban ke darat dan membawa jenazah ke Rumah Sakit Pratama untuk diidentifikasi.

"Setelah perjalanan sekitar 45 menit lewat laut, kemudian korban diturunkan di sekitar pinggir pantai Banjar Karang Sari, Desa Suana, Nusa Penida," kata Widodo.

Sementara itu, Kepala Kantor Basarnas Gede Darmada, mengatakan pihaknya mendapat laporan terkait penemuan mayat di Pantai Atuh, Nusa Penida, pada Minggu (8/5/2022) sore.

Selanjutnya, 4 personel Unit Siaga SAR Nusa Penida digerakkan untuk melakukan pencarian menggunakan Rigid Inflatable Boat.

Tim SAR bertolak dari Dermaga Segitiga Emas Nusa Penida.

Namun, pencarian hingga tengah malam tersebut tidak membuahkan hasil karena jarak pandang terbatas.

Pencarian kemudian dilanjutkan pada Senin pagi, dengan melibatkan pihak kepolisian, TNI, dan nelayan setempat.

Petugas kemudian bergerak menuju lokasi pertama mayat tersebut terlihat namun tidak ditemukan. Petugas kemudian melakukan penyisiran di sekitar lokasi tersebut.

Hingga akhirnya menemukan mayat tersebut dalam kondisi terapung tanpa pakaian dan tubuhnya sudah membengkak.

"Pagi tadi operasi SAR kembali dilanjutkan mulai pukul 06.00 Wita. Tak lama berselang, jenazahnya ditemukan terdampar di Pantai Suwehan, Nusa Penida," katanya.

"Lokasi penemuannya berada di koordinat 8°47'49.51"S-115°36'18.02"T, yakni sebelah barat laut dari lokasi pertama terlihat yang berjarak 0.5 NM," tambah Darmada.


https://denpasar.kompas.com/read/2022/05/09/152343078/hilang-2-hari-usai-pamit-cari-pakan-sapi-pria-di-bali-ditemukan-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke