Salin Artikel

WN Kanada yang Menari Telanjang di Gunung Batur Dideportasi

JDC dideportasi dari Pulau Dewata usai video yang mempertontonkan dirinya tengah menari telanjang di atas Puncak Gunung Batur, Kintamani, Bangli, Bali viral di media sosial.

Aksi turis yang berprofesi sebagai pengisi suara untuk film animasi di kanal Netflix ini mendapat kecaman dari masyarakat karena dianggap menodai gunung yang disakralkan oleh warga setempat.

"Imigrasi melakukan tindakan administratif keimigrasian berupa pendeportasian kepada seorang warga negara Kanada ini," kata Kakanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk dalam siaran persnya, pada Rabu (11/5/2022).

Jamaruli mengatakan, JDC dideportasi karena melanggar Pasal 75 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian karena melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum.

Selain itu, dia juga tidak menghormati dan menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Indonesia.

"JDC dilaporkan telah mengunggah video dirinya tengah menari tarian suku Maori yang berasal dari Selandia Baru tanpa busana di puncak Gunung Batur," kata Jamaruli.

"Aksinya tersebut timbul kecaman dari banyak pihak khususnya warga lokal karena dianggap tidak menghormati budaya dan adat setempat," tambahnya.

Jamaruli mengatakan, WNA tersebut melakukan aksinya tanpa bermaksud untuk tidak menghormati budaya Bali.

JDC mengaku membuat video sekadar untuk mengekspresikan diri dan tanpa paksaan dari siapa pun.

"Setelah kami melaporkan pendeportasian, keputusan penangkalan lebih lanjut akan diputuskan Direktorat Jenderal Imigrasi dengan melihat dan mempertimbangkan seluruh kasusnya” kata Jamaruli.

Sementara itu, Kepala Rudenim Denpasar, Babay Baenullah mengatakan, JDC dideportasi dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pukul 20.35 Wita dengan maskapai KLM Royal Dutch Airlines nomor penerbangan KL0836 tujuan Amsterdam, Belanda.

Lalu, keesokan harinya, JDC kembali melanjutkan perjalanan dengan penerbangan KL0677 pemberangkatan pukul 12.35 waktu setempat tujuan Calgary, Kanada.

"JDC dideportasi dengan terlebih dahulu menjalani tes PCR dengan hasil negatif sehingga diperbolehkan bergabung dalam penerbangan sesuai dengan jadwal," katanya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/05/11/150345678/wn-kanada-yang-menari-telanjang-di-gunung-batur-dideportasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke